Sukses

12 Tips untuk Pekerja agar Tidak Mudah Dilanda Stres (2)

Ada beberapa tips agar stres tidak mudah melanda para pekerja atau buruh ketika sedang melakukan tugas-tugasnya

Liputan6.com, Jakarta Tekanan yang dialami di tempat kerja secara tidak sadar rentan membuat pekerja atau buruh menjadi stres. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa berdampak lebih jauh pada kesehatan seseorang.

Tentu saja, ada beberapa cara yang dianjurkan oleh pakar untuk mengelola stres pada para pekerja. Mengutip Forbes pada Rabu (1/5/2019), psikolog bisnis Sharon Melnick mengungkapkan beberapa tips bagi para pekerja agar tidak mudah stres dalam pekerjaan.

7. Dinginkan Diri dengan Cepat

"Ketika Anda merasa frustrasi atau marah, perasaan panas di tubuh menyebabkan Anda bereaksi," kata Melnick. Untuk mengatasinya, cobalah teknik pendinginan napas.

Tarik napas lewat mulut untuk kemudian bernapas normal dengan hidung. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan merasakan sensasi dingin yang mengeringkan sisi atas lidah.

8. Identifikasi Stres yang Mempengaruhi Diri Sendiri

Melnick mengatakan, berhentilah memaksakan stres dengan membangun perasaan percaya diri sendiri ketimbang mencari dari orang lain. Apabila Anda terjebak dalam persepsi orang lain, stres menjadi lebih mudah terjadi karena hal-hal kecil. Padahal, ketika Anda mengalihkan fokus ke pekerjaan, ini cenderung mengesankan orang lain.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memilah-milah Prioritas

9. Buat Prioritas

Prioritas bisa berubah dengan cepat. Tidak ada salahnya untuk menentukan apa yang benar-benar penting dan alasannya. Buatlah daftar tugas yang berfokus pada pekerjaan yang berdampak paling besar dan selaras dengan tujuan Anda.

10. Menyetel Ulang Tombol Panik

Bagi para pekerja kantoran, presentasi atau bicara di depan umum bisa membuat seseorang menjadi panik dan kehabisan napas. Melnick memiliki cara untuk menyetel ulang panik Anda.

Cara tersebut adalah dengan titik akupresur. Berikan tekanan dengan ibu jari pada sebelah jari tengah untuk membantu mengatur tekanan darah.

 

3 dari 3 halaman

Saling Berbagi dan Memotivasi

11. Pengaruhi Orang Lain untuk Jadi Lebih Baik

Apabila Anda sudah mampu mengelola stres, belum tentu rekan kerja bisa melakukannya. Untuk itu, bicarakan tentang apa yang jadi masalahnya tanpa membuatnya tidak nyaman.

"Ketika Anda bicara dengan nada kritis, itu membuat orang lain merasa tidak nyaman dan kecil kemungkinannya, Anda dilihat sebagai pemimpin," kata Melnick. Menurutnya, saling berbagi tentang masalah yang dihadapi bisa menjadi solusi untuk saling membantu menyelesaikannya.

12. Gunakan Pikiran untuk Memotivasi Diri

Melnick mengatakan bahwa 60 ribu pikiran mengalir dalam otak setiap hari. Maka dari itu, alih-alih berpikir kasar dan kritis terhadap diri sendiri, cobalah mendorong pikiran untuk memotivasi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.