Sukses

4 Jenis Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat berikut makanan dan minuman yang pantang untuk dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sering mendengar orang dengan asam urat tidak boleh makan ini dan itu. Salah satu yang terkenal adalah pantang makan jeroan.

Seperti disampaikan dokter Andika Widyatama dari Klikdokter, asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme sebuah zat di dalam tubuh yang bernama purin. Pada prinsipnya, tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah dipengaruhi oleh peningkatan produksi asam urat atau adanya gangguan pengeluaran asam urat di dalam tubuh.

Kadar normal asam urat berkisar antara 3,4-7,0 mg/dL pada pria dan 2,4-6,0 mg/dL pada wanita. Namun, nilai tersebut bisa berbeda-beda, tergantung standar baku yang digunakan pada masing-masing laboratorium.

Selain diproduksi secara alami dalam tubuh, purin juga dapat berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Sangat penting bagi seseorang yang mengalami hiperurisemia atau asam urat untuk menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah kondisinya.

Berikut makanan dan minuman yang perlu dihindari penderita asam urat seperti disampaikan dokter Andika.

1. Makanan tinggi purin

Makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan, daging sapi, daging kambing, ikan tuna, ikan sarden, dan udang tentu saja harus dihindari penderita asam urat. Sebagai gambaran, berbagai makanan tersebut dapat mengandung sekitar 100-500 mg purin dalam setiap porsi berukuran 100 gram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dengan kadar lemak tinggi

Di samping makanan tinggi purin, penderita asam urat juga dianjurkan untuk membatasi asupan makanan tinggi lemak yang dapat menghambat proses pengeluaran asam urat dari ginjal.

Beberapa makanan tinggi lemak yang dimaksud seperti produk olahan susu yang tinggi lemak, daging berlemak, santan, atau minyak kelapa.

3 dari 4 halaman

Alkohol

Konsumsi asupan yang beralkohol juga berpotensi meningkatkan kadar asam urat tubuh. Minuman seperti bir memiliki kandungan purin yang tinggi. Parahnya, minuman beralkohol juga dapat menghambat proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Mengandung pemanis

Konsumsi beberapa makanan dan minuman dengan pemanis seperti permen, minuman bersoda, jus buah, atau pun sereal berpemanis sebaiknya dibatasi oleh penderita asam urat. Jika makanan dan minuman tersebut dikonsumsi secara berlebihan, maka berpotensi meningkatkan risiko terjadinya asam urat.

 

Sumber: Klikdokter.com

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini