Sukses

6 Aktivitas Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Sehat

Hidup sehat bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal sederhana ini

Liputan6.com, Jakarta Hidup sehat dimulai dari hal-hal yang sederhana. Mulai dari berolahraga lebih sering, makan dengan gizi seimbang, serta berpikir positif.

Namun, seringkali kita bingung harus memulai hidup sehat darimana. Untuk itu, melansir Prevention pada Jumat (22/3/2019), ada enam tips sederhana yang bisa dilakukan dan memberikan dampak besar bagi kesehatan Anda.

1. Konsumsi lebih banyak protein

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa di bawah 65 tahun setidaknya harus mengonsumsi sekitar 0,8 gram protein agar menjaga berat badan dan kesehatan optimal. Di usia lanjut, paling tidak seseorang harus mengonsumsi 1 sampai 1,2 gram dalam satu kilogram makanan.

Karena itu, Anda bisa menambahkan sumber protein ke dalam makanan. Misalnya telur atau oatmeal saat sarapan, hingga protein tanpa lemak seperti ikan, tahu, atau ayam di menu makan siang atau malam.

2. Luangkan waktu merawat diri

Merawat diri bukan hanya soal aktivitas kesehatan dan merawat kulit. Terapis perkawinan, Ibinye Osibodu-Onyali mengatakan perawatan diri juga bisa mencakup aktivitas sederhana yang membantu Anda mempertahankan kesehatan.

"Terkadang, sesederhana seperti bicara kepada diri sendiri tentang kebaikan dan harga diri," kata Osibodu-Onyali.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktif bergerak dan merasakan napas

 

3. Lebih banyak bergerak

Jika Anda tidak punya waktu berolahraga atau ke gym, tetaplah untuk terus bergerak. Personal trainer Alex Silver-Fagan mengatakan, tubuh yang bergerak akan terus bergerak.

"Ketika Anda berusaha untuk tetap pada rutinitas yang lebih sehat, hal-hal kecil yang ditambahkan membuat Anda tetap pada jalurnya. Bahkan jika tidak bisa melakukan latihan penuh di siang hari, jalan-jalan, naik tangga, serta melakukan sedikit gerakan secara konsisten akan membuat Anda di jalur itu," katanya.

4. Luangkan waktu 30 detik merasakan napas

Merasakan napas merupakan salah satu cara sederhana untuk hidup lebih sehat. Dengan ini, Anda bisa mengelola stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh, pencernaan, serta tidur lebih baik.

"Ambil napas dalam-dalam, hitung sampai lima dan tahan di puncak tarikan, hitung lagi sampai lima dan tahan di puncak hembusan napas," kata pakar yoga Bethany Lyons.

"Untuk membuat perubahan yang lebih besar pada kondisi pikiran atau suasana hati, bayangkan pernapasan dengan apa pun yang Anda ingin ciptakan saat ini dan visualisasikan saat melepaskan semua perasaan dan pikiran yang tidak baik," kata Lyons menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Peregangan setiap pagi

 

5. Peregangan setiap pagi

"Peregangan sangat penting karena itu dapat membuat Anda tetap sehat, bergerak, dan bebas rasa sakit untuk jangka panjang," kata Vanessa Chu dari Stretch*d.

Paling tidak, lakukan peregangan selama 10 menit di pagi hari. Mulailah dengan memeluk lutut yang bisa dilakukan sambil berbaring telentang. Peluk lutut secara bergantian sementara kaki yang satunya terbaring di lantai. Tarik selama 30 detik kemudian lepaskan dan ulangi untuk sisi yang lain.

6. Habiskan waktu di luar ruangan setiap hari

Berada di luar ruangan untuk melakukan aktivitas juga membuat suasana hati tetap baik. Penelitian dari Peninsula College of Medicine and Dentistry mengungkapkan mereka yang aktif di luar ruangan lebih menikmati waktu berolahraga dan cenderung mengulanginya ketimbang peserta yang berada di luar ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.