Sukses

Saat Situasi Tertekan, Ini 4 Cara agar Kembali Berpikir Positif

Liputan6.com, Jakarta Saat ada masalah, tertekan, bingung, galau, cemas rasa-rasanya sulit untuk berpikir positif. Walaupun sahabat atau keluarga sudah mengatakan, 'Ayo coba berpikir positif,' saat dijalani tidak semudah mengatakannya. 

Bagi Anda yang tengah berusaha agar bisa berpikir positif, berikut empat strategi yang bisa dijajal seperti dilansir Very Well Mind. Pelan-pelan saja. Jika berhasil melakukannya, stres dan penyakit jantung pun menurun.

1. Hindari menjelek-jelekan diri sendiri

Menjelek-jelekan diri Anda dapat berakibat fatal pada kesehatan mental dan harga diri. Salah satu cara untuk menghindar yaitu jika suatu ketika suara batin mulai menganalisis kejelekan diri sendiri, ubahlah secara otomatis dengan pikiran positif.

Memberi perhatian pada diri sendiri adalah tempat/cara yang bagus untuk mulai mencoba berpikir positif. Jika suatu ketika, Anda mulai berpikir negatif tentang diri sendiri, Elizabeth Scott, seorang ahli manajemen stres, menyarankan untuk secara mental mengatakan pada diri sendiri untuk "berhenti" memikirkannya. 

Lalu, alihkan pada kekuatan diri Anda. 

 

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 2 halaman

2. Tertawa dan bersenang-senanglah

Mungkin sulit untuk tetap optimis ketika menghadapi suatu masalah. Cobalah untuk tertawa. Tertawa dapat mengurangi stres dan mencerahkan hari yang dijalankan.

Menonton film/video lucu atau membaca cerita lucu dapat membantu Anda untuk tertawa dan mulai lebih banyak berpikir positif. Jangan lupa juga untuk bersenang-senang.

3. Kembangkan Optimisme

Jika sering mengaitkan hal-hal baik yang terjadi dengan keterampilan dan upaya yang telah diperbuat, Anda seorang yang optimis. Berbeda dengan pesimis, yang bersifat kebalikannya, yaitu mengaitkan/beranggapan bahwa hal-hal buruk yang terjadi disebabkan oleh diri mereka sendiri.

Jangan lupa untuk memberikan diri sendiri suatu penghargaan atas hal-hal baik dan jangan menyalahkan diri sendiri untuk hal-hal buruk yang terjadi. Inilah kunci menjadi seorang optimisme.

 

4. Terus berlatih

Pemikiran positif dapat terganggu apabila menghadapi situasi yang menantang. Kuncinya adalah mempertahankan pikiran positif untuk jangka panjang, dengan terus berlatih meminimalisasi pikiran negatif.

Jangan takut untuk meminta bantuan teman dan keluarga, apabila memiliki kendala menjadi seorang optimisme. Ingatlah bahwa untuk berpikir positif, Anda juga harus merawat diri sendiri lewat gaya hidup sehat dan pikiran yang sehat.

 Penulis: Dara Elizabeth

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak yang Selalu Berpikir Positif, Termasuk Anda?