Sukses

5 Penyebab Pekerja Kantoran Punya Perut Makin Buncit

Liputan6.com, Jakarta Setelah beberapa tahun menjadi pekerja kantoran, ada banyak yang mengeluhkan lingkar perut membesar alias punya perut buncit

Selain aktivitas fisik yang makin berkurang, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan pekerja kantoran memiliki perut buncit. Dilansir dari thehealthsite, berikut beberapa faktor yang membuat pekerja kantor semakin gemuk. 

1. Jarang terpapar sinar matahari

Duduk dalam waktu lama di dalam ruangan yang tidak terpapar sinar matahari akan membuat berat badan bertambah. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives menunjukkan bahwa sinar matahari pagi akan menormalkan nafsu makan.

Sementara, saat jarang terpapar sinar matahari, maka dalam tubuh akan terjadi resistensi insulin dan peningkatan nafsu makan.

2. Suhu kantor yang terlalu dingin

Banyaknya kantor yang menggunakan AC sebagai pendingin ruangan akan membuat tubuh merespon dengan menyimpan banyak lemak. Tak heran, tubuh pun bertambah gemuk karenanya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 2 halaman

3. Sering makan di luar

Padatnya aktivitas, kamu jadi tidak sempat untuk menyiapkan bekal makan siang. Akibatnya kamu akan sering makan di luar. Dan perilaku ini turut menyumbang kenaikan berat badanmu.

4. Teman sekantor yang juga gemuk

Teman sekantor yang juga bertubuh gemuk bisa 'menularkan' hal yang sama pada dirimu. Pasalnya, mereka akan mempengaruhimu untuk selalu jajan atau membeli makanan di luar yang kurang sehat sehingga berat badan pun meningkat.

5. Perilaku emotional eating

Saat kamu stres, tubuh akan melepaskan hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan dan membuatmu ingin mengonsumsi makanan berlemak atau bergula. Hal ini bisa memperlambat metabolisme tubuh sehingga akhirnya tubuh menggemuk.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka.com

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Pijatan Ini Konon Bisa Bikin Perut Lebih Rata, Patut Dicoba
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: 4 Zodiak yang Punya Komunikasi Baik dengan Pasangan