Sukses

Gunakan Ponsel, 10 Etika Ini Harus Dipatuhi (1)

Ponsel tidak perlu digunakan terus menerus. Tetap ada etika yang harus dipatuhi agar terlihat lebih sopan, dalam menggunakan benda tersebut

Liputan6.com, Jakarta Ponsel seakan sudah mengambil alih kehidupan manusia saat ini. Penggunaan yang berlebihan terkadang malah menjauhkan kita dengan orang-orang terdekat.

Karena itu, ada baiknya mengetahui bagaimana seharusnya kita menggunakan ponsel dengan baik dan benar. Melansir dari Reader's Digest pada Rabu (12/12/2018), berikut ini bagian pertama dari 10 etika dalam penggunaan ponsel.

1. Simpan ponsel di meja makan

Ahli gawai Amy Rice mengatakan, etika penggunaan ponsel di meja makan sangatlah jelas. Bukan hanya karena itu tidak sopan, namun juga tidak menghormati teman makan Anda serta pengunjung lainnya.

"Jika (ponsel) berdering dan harus dijawab, jelaskan kepada teman makan Anda bahwa mungkin saja anak Anda ada di rumah sendiri atau ada bisnis besar yang harus diurus. Kalau tidak, abaikan saja," ujar Ahli keuangan, parenting, dan etika Brett Graff.

2. Akhiri menelpon saat akan membayar

Anda mungkin tidak kenal dengan kasir di supermarket. Namun, bukan berarti dia harus diacuhkan. Kecuali darurat, tidaklah sopan untuk menelpon di depan mereka.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat mengemudi

3. Tidak perlu berteriak saat bicara di telepon

Saat berada di tempat umum, menelpon sambil berteriak-teriak jelas bukan sesuatu yang baik. Rice mengatakan, orang lain tidak perlu mengetahui apa yang Anda bicarakan dengan rekan menelpon. Namun, apabila Anda tidak bisa mendengarkan suara dengan jelas, mungkin lebih baik untuk menunda panggilan tersebut.

4. Jangan pernah mengirim pesan atau menelpon saat mengemudi

Peraturan ini jelas untuk mencegah kecelakaan terjadi. Di beberapa negara, mengirim pesan atau berbicara di telepon saat mengemudi adalah hal yang dilarang.

5. Hindari mengirim pesan saat sedang rapat

Anda tentu tidak ingin atasan melihat Anda sedang mengirimkan pesan lewat ponsel dan merasa terabaikan. Selain itu jika Anda adalah seorang atasan, ini juga menjadi contoh buruk bagi anak buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.