Sukses

Usia Tepat Beri Ponsel Pribadi untuk Anak ala Bill Gates

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang sering memperdebatkan usia yang paling tepat untuk memberikan anak ponselnya sendiri. Namun, maestro teknologi Bill Gates baru-baru ini mengungkapkan usia yang tepat bagi anak untuk memiliki ponsel berdasarkan pengalaman pribadinya.

Dalam wawancaranya dengan Mirror, Bill Gates mengatakan bahwa anak-anaknya tidak diizinkan untuk memiliki ponsel sendiri sampai usia 14 tahun.

"Kami sering mengatur waktu di mana tidak ada waktu di layar dan pada kasus mereka, membantu untuk tidur dengan jam yang wajar," kata Bill Gates seperti dikutip dari upworthy.com pada Selasa (6/11/2018).

Namun, Gates mengatakan sekalipun anak-anaknya tidak diizinkan menggunakan ponsel di meja, mereka boleh memakainya untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar.

Anak-anak Gates sendiri saat ini sudah berusia 20, 17, dan 14 tahun. Namun, ketiganya dilarang menggunakan produk Apple di rumahnya akibat persaingan antar dua industri raksasa teknologi Apple dan Microsoft.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Rata-rata Usia Anak Mendapatkan Ponsel Pribadi

Menurut laporan berjudul "Kids & Tech: The Evolution of Today's Digital Natives" pada 2016, usia rata-rata seorang anak untuk memiliki ponsel pintar pertama mereka saat ini berada di 10,3 tahun.

Selain itu, Kepala Eksekutif Common Sense Media, sebuah organisasi nirlaba yang mengulas konten dan produk keluarga, James P. Steyer, mengatakan pada Times, dia memiliki aturan ketat terkait dengan ponsel dan anak-anaknya.

Steyer mengatakan, mereka mendapatkannya ketika sudah masuk ke sekolah atas dan hanya terbukti jika sudah mampu mengendalikan dirinya.

"Tidak ada dua anak yang sama dan tidak ada angka yang ajaib. Usia seorang anak tidak sepenting tanggung jawab atau tingkat kedewasaannya sendiri," ujar Steyer.