Sukses

Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Permanen dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit ketiak hitam merupakan momok yang sangat menakutkan, terlebih bagi kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilan. Pasalnya, ketiak hitam seringkali membuat tidak percaya diri. Walau ketiak tidak selalu terlihat tetapi memiliki ketiak yang tidak cerah merupakan permasalahan yang cukup menggangu. Banyak orang rela melakukan banyak cara memutihkan ketiak. Salah satunya dengan mendatangi klinik kecantikan yang menyediakan jasa untuk perawatan ketiak yang gelap agar ketiak cerah secara merata dengan warna kulit tubuh. Tentu saja perawatan ini membutuhkan biaya yang tak sedikit. 

Ketiak yang menghitam pada dasarnya disebabkan oleh menumpuknya kulit mati akibat sering mencukur bulu pada ketiak. Selain itu, penggunaan deodorant yang mengandung alkohol juga dapat menjadi salah satu penyebab menghitamnya kulit ketiak. Penyebab lainnya adalah karena penggunaan krim penghilang rambut secara teratur, keringat yang berlebihan, ventilasi pada ketiak yang buruk, akumulasi sel-sel kulit mati.

Nah, tahu nggak sih masalah ketiak hitam sebenarnya bisa diselesaikan dengan berbagai bahan dasar yang ada di dapur lho. Berikut ini cara memutihkan ketiak hitam secara alami seperti yang dirangkum liputan6.com Selasa (23/10/2018) dari berbagai sumber.

2 dari 11 halaman

1. Kentang

Kentang dikenal sebagai pemutih alami dan mengandung anti iritasi yang membantu menerangkan bagian ketiak. Selain itu, kentang juga bisa mengurangi rasa gatal. Cara memutihkan ketiak adalah dengan meletakkan potongan tipis kentang langsung ke ketiak. Cara lainnya bisa dengan jus kentang dan mengoleskannya di bawah ketiak selama 10 hingga 15 menit. Untuk mendapatkan hasil efektif, gunakan dua kali sehari.

3 dari 11 halaman

2. Madu dan mentimun

Cara memutihkan ketika hitam dengan bahan alami dengan memanfaatkan madu dan mentimun. Siapkan setengah buah mentimun, kupas dan tumbuk kasar. Campurkan 3 sendok makan madu. Gosokkan campuran tersebut pada ketiak selama 3 - 4 menit lalu diamkan selama 10 menit. Lalu basuh ketiak dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

4 dari 11 halaman

3. Yoghurt dan susu

Cara memutihkan ketiak dengan cepat lainnya adalah dengan menggunakan yoghurt dan susu. Kandungan asam laktat pada yoghurt dan susu berfungsi sebagai pemutih dan penghalus alami kulit. Caranya, campurkan 2-3 sendok yoghurt dan 3-4 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada ketiak dan diamkan selama lebih kurang 40-60 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

5 dari 11 halaman

4. Kulit jeruk

Sudah sejak lama kulit jeruk dikenal memiliki banyak mafaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk memutihkan ketiak. Cara memutihkan ketiak dengan kulit jeruk yaitu keringkan kulit jeruk terlebih dahulu dibawah sinar matahari selama beberapa hari. Parut kulit jeruk tersebut, kemudian campurkan dengan sedikit susu dan air mawar hingga berbentuk pasta. Gunakan campuran tersebut sebagai scrub selama 10 - 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

6 dari 11 halaman

5. Mentimun dan kunyit

Perpaduan mentimun dan kunyit ternyata berguna untuk memutihkan ketiak sekaligus menyegarkannya. Dengan menggunakan mentimun dan kunyit, noda hitam di ketiak dapat disamarkan. Caranya, haluskan mentimun dan campur dengan bubuk kunyit. Oleskan pada kedua ketiak. Lakukan secara rutin 2 - 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7 dari 11 halaman

6. Minyak kelapa dan kulit jeruk

Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi. Sementara kulit jeruk mengandung vitamin C. Kombinasi vitamin E dan vitamin C tersebut bermanfaat meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk mencerahkan kulit ketiak. Cara memutihkan ketiak hitam dengan minyak kelapa dan kulit jeruk yaitu, blender kulit jeruk bersama dengan 5 tetes minyak kelapa. Usahakan untuk memblender secukupnya dan tidak sampai halus. Gunakan bahan tersbeut sebagai scrub dan gosok perlahan pada ketiak. Lakukan perawatan ini secara rutin.

8 dari 11 halaman

7. Lemon

Lemon adalah pemutih alami sekaligus membantu mencerahkan daerah yang warnanya tidak rata, termasuk memutihkan ketiak yang hitam. Cara menggunakannya dengan mengoleskan perasan lemon di daerah ketiak yang gelap setiap harinya selama dua hingga tiga menit sebelum mandi. Setelah itu, beri pelembab di bagian tersebut setelah mandi. Lakukan perawatan secara rutin. Perubahan akan terlihat setelah 7 hingga 10 hari.

9 dari 11 halaman

8. Pasta gigi

Selain berguna untuk menjaga kebersihan gigi, ternyata pasta gigi juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak secara alami. Hal ini terjadi karena kandungan mineral alami dalam pasta gigi yang dapat mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati pada bagian ketiak. Caranya, oleskan pasta gigi secara merata pada ketiak. Kemudian pijat perlahan selama 5 menit, dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

10 dari 11 halaman

8. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang dapat mengangkat sel mati dan berfungsi sebagai disinfektan yang bagus. Cara memutihkan ketiak dengan cuka apel yaitu dengan mencampur dua sendok teh cuka apel dengan bubuk soda kue. Oleskan campuran ini di bawah ketiak selama 10 menit atau sampai kering. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

11 dari 11 halaman

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi untuk mengangkat sel kulit mati serta meregenerasi sel kulit ketiak dengan yang baru. Cara memutihkan ketiak dengan menggunakan minyak zaitun kamu hanya perlu mengoleskannya pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Ulangi langkah ini setiap hari.