Sukses

Kunjungi Palu, Dirut BPJS Kesehatan Instruksikan Permudah Layanan bagi Korban Gempa

Liputan6.com, Palu Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menginstruksikan kepada jajarannya di Palu, Donggala, dan Sigi agar memberikan kemudahan kepada para pihak yang tertimpa musibah gempa bumi.

“Ini kondisi darurat. Harus ada kekhususan,” katanya di Palu, Sabtu (20/10/2018) dalam rilis BPJS Kesehatan yang diterima Health-Liputan6.com.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan ke RSUD Undata, Palu yang disambut Direktur RSUD Undata I Komang Adi Sujendra.

Dalam kesempatan itu, staf RSUD Undata Joko Naslam menjelaskan bahwa jaringan internet di Palu baru pulih pada 9 Oktober 2018. Musibah gempa bumi terjadi pada 28 September 2018. Sehingga dalam rentang lebih dari 10 hari pihaknya tak bisa memproses administrasi peserta JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan. Padahal seluruh sistem BPJS Kesehatan sudah bersifat digital dan online.

Berdasarkan kenyataan itu, Fachmi memerintahkan kepada Deputi Direktur Wilayah BPJS Kesehatan dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan. “Untuk kondisi ini bisa diterapkan prosedur manual,” katanya.

 

2 dari 3 halaman

Menyemangati karyawan

Selain berkunjung ke RSUD, Fachmi juga mengumpulkan seluruh karyawan BPJS Kesehatan di Palu. Ia memberikan semangat kepada jajarannya untuk terus bekerja secara profesional.

Pada kesempatan itu juga dilaporkan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Palu tetap buka walau dalam suasana musibah. Gempa terjadi pada Jumat, dan Senin tetap melakukan pelayanan. Walaupun hari itu cuma ada satu peserta yang datang.

Saat gempa terjadi, menjelang magrib, di kantor masih ada karyawan yang bekerja. Hal itu menimbulkan kepanikan. Namun, tak ada kerusakan berarti pada kantor cabang.

Kantor-kantor BPJS Kesehatan yang berada di sekitar Sulawesi langsung bergerak menuju Palu untuk memberikan bantuan, seperti dari Mamuju, Manado, Gorontalo, dan Makassar. Mereka membawa bantuan makanan dan berbagai kebutuhan lainnya.

Seluruh karyawan BPJS Kesehatan juga melakukan penggalangan dana. Dalam waktu sekitar sepekan terkumpul dana Rp1,3 miliar.

 

3 dari 3 halaman

Berkunjung ke rumah kader BPJS Kesehatan

Fachmi Idris juga bertemu dengan para kader (relawan) BPJS Kesehatan di Palu yang berjumlah 10 orang.

Saat dialog, terjadi suasana haru dan disertai isak tangis. Saat itu mereka baru selesai bertugas menemui peserta JKN-KIS. Ada yang seluruh peserta binaannya lenyap disapu tsunami, ada yang terjatuh dari kendaraan, ada yang rumahnya miring.

Pada kesempatan itu, Fachmi memberikan bantuan kepada seluruh kader tersebut. Bantuan juga diberikan kepada masyarakat yang tertimpa musibah

Loading
Artikel Selanjutnya
MU Ikut Ringankan Beban Korban Gempa Palu dan Donggala
Artikel Selanjutnya
Hujan Lebat, Banjir dan Longsor Terjang Sigi Sulteng