Sukses

11 Cacing Parasit Merayap di Bola Mata Bayi 5 Bulan

Liputan6.com, Tiongkok Sebuah video yang diambil di Tiongkok memperlihatkan cacing parasit merayap di bola mata bayi berusia 5 bulan. Mata si kecil pun tampak merah.

Bayi yang bernama Dong Dong itu pun menjalani prosedur pengangkatan cacing parasit dari matanya. Alat medis yang digunakan pada bayi membuat mata tetap terbuka, sebelum dokter mengeluarkan cacing parasit dengan pinset.

Sebanyak 11 cacing parasit berhasil dikeluarkan. Bayi yang tak disebut jenis kelaminnya itu langsung dilarikan ke Xi’an No 1 Hospital di ibu kota Provinsi Shaanxi, barat laut Tiongkok.

Video yang ditayangkan dari rumah sakit itu menunjukkan prosedur pengangkatan cacing parasit dari mata Dong Dong dilakukan pada 17 Oktober 2018. Dilansir dari Daily Star, Senin (22/10/2018), Dong Dong dilarikan ke rumah sakit setelah ibunya melihat ketidaknyamanan pada mata si kecil.

Dari hasil pemeriksaan, dokter menemukan, Dong Dong menderita infeksi nematoda (mikroorganisme berbentuk cacing). Ini ditandai dengan banyak cacing parasit merayap di permukaan bola mata dan kelopak mata.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Terinfeksi cacing Thelazia callipaeda

Cacing parasit pada mata Dong Dong berasal dari cacing Thelazia callipaeda, jenis nematoda yang pertama kali ditemukan di Tiongkok lebih dari 100 tahun yang lalu. Prosedur mengeluarkan cacing parasit memakan waktu 21 menit.

Dokter mengangkat satu per satu cacing parasit hidup menggunakan pinset. Diperkirakan Dong Dong terinfeksi Thelazia callipaeda dari anjing tetangga.

Ibu Dong Dong memberi tahu dokter, ia tidak memelihara anjing atau kucing, tetapi anaknya sering bermain dengan anjing tetangganya. Menurut laporan, cacing parasit telah dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Sementara itu, Dong Dong masih menerima perawatan untuk pemulihan.

Thelazia callipaeda pertama kali ditemukan di mata anjing di Tiongkok pada 1910. Cacing tersebut menularkan infeksi nematoda Thelaziasis di Eropa dan Asia. Sasaran parasit ini menyerang mata anjing, kucing, dan manusia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cacing Parasit Merangkak dan Bertelur di Kelamin Pria