Sukses

Tambah Takaran Asupan Protein Selama Hamil, Ini Kegunaannya

Inilah alasan harus perbanyak mengonsumsi sumber protein selama hamil.

Liputan6.com, Jakarta Hal penting yang harus dilakukan perempuan setelah mengetahui bahwa di rahim ada janin yang berkembang adalah memperbaiki pola makan. 

Bila di menu sehari-hari makan yang seenaknya saja, begitu hamil, menu-menu yang harus ada berupa protein berkualitas tinggi. 

Protein adalah bagian penting dari setiap sel dalam tubuh. Zat protein membantu memperbaiki jaringan, membantu sel tubuh membuat hormon, dan merupakan komponen penting dari darah, kulit, tulang, dan otot.

Pada dasarnya protein adalah fondasi dari semua sel dan jaringan tubuh ibu da bayi. Tubuh tidak menyimpan protein, untuk itu ibu harus memastikan mendapat asupan protein setiap hari demi kondisi tubuh yang sehat serta perkembangan janin yang optimal.

"Mendapatkan cukup protein membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kondisi baik. Termasuk mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, dan membantu jaringan dan otot ibu tetap sehat," ujar Allan Roddick, seorang dokter kandungan, dikutip dari BabyCo.

Juga membantu pertumbuhan payudara dan uterus, dan sangat penting dengan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil harus mengonsumsi 75 - 100 gram protein setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Protein

Sebagian besar ahli gizi mengatakan bahwa perempuan harus mendapatkan 25 gr lebih banyak protein saat hamil.

Makanan apa yang merupakan sumber protein yang baik? Untuk vegetarian, sumber yang baik yaitu kacang-kacangan, tahu, oatmeal, kacang tanah / selai kacang, keju, susu kedelai, dan telur.

Sumber hewani termasuk ayam, salmon dan daging sapi. Saat makan daging selama kehamilan, pastikan sudah matang sepenuhnya. Jika Anda mendapatkan protein dari makanan laut, tanyakan kepada penjual terkait level merkuri di dalamnya.

Ikan laut juga sangat tinggi protein. Jika memang dirasa menu harian masih kurang asupan protein, bisa juga mengonsumsi suplemen. Tapi pastikan konsultasikan dulu dengan dokter untuk mendapat rekomendasi multivitamin yang pas untuk ibu hamil.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini