Sukses

Awas, 5 Makanan Ini Tingkatkan Rasa Cemas

Beberapa makanan dan minuman yang dianggap bisa menenangkan malah bisa meningkatkan rasa cemas.

Liputan6.com, Jakarta  Beberapa makanan dan minuman yang dianggap bisa menenangkan malah bisa meningkatkan kecemasan. Bagi Anda yang ingin tenang, sebaiknya hindari beberapa makanan/minuman berikut.

Mulai dari alkohol hingga makanan tinggi gula, berikut lima makanan/minuman yang bisa meningkatkan rasa cemas seperti dilansir Health Line, Sabtu (4/8/2018). 

1. Alkohol

Ternyata minuman yang biasa diminum dengan tujuan untuk menekan rasa kecemasan  justru dapat memperburuk. Hal itu karena alokohol dapat mengubah tingkat serotonin dan neurotransmiter di otak yang membuat kecemasan menjadi lebih buruk.

"Alkohol mungkin tampak dapat menenangkan, namun alkohol dapat memiliki dampak negatif seperti dehidrasi dan gangguan tidur. Keduanya dapat memicu gejala kecemasan," kata penulis Belly Fat for Dummies, Erin Palinski-Wade.

2. Kafein

Terdapat penelitian yang mengungkapkan seseorang yang sering minum kafein setiap hari dapat meningkatkan stres dua kali lebih banyak. Menurut Wade, tingkat kafein yang tinggi tidak hanya meningkatkan rasa cemas dan gelisah, tetapi juga menurunkan produksi serotonin kimia dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya mulailah mengganti kafein dengan teh hijau karena kandungan L-theanine yang terkenal dengan efek rileks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Makanan fermentasi

 

Berlebihan mengonsumsi makanan hasil fermentasi seperti keju, dibalik manfaatnya ternyata dapat memicu rasa cemas pada seseorang.

4. Makanan gula berlebihan

Ternyata menambahkan gula pada beberapa makanan menjadi salah satu pemicu kecemasan. Hal itu karena gula dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang naik dan turun seperti roller-coaster. Hal itulah yang dapat membuat energi menjadi ikut naik dan turun.

Ketika gula darah rendah, maka suasana hati akan berubah dan tingkat kecemasan dapat melonjak drastis. Hal itu karena dengan mengonsumsi gula dalam jumlah besar dapat memicu perasaan khawatir, mudah tersinggung, dan sedih.

5. Krimer nondairy

Krimer ini merupakan salah satu sumber minyak terhidrogenasi yang biasa dikenal sebagai lemak trans. Lemak tersebut dikemas dengan kolesterol LDL dan mampu menurunkan kolesterol HDL. Lemak inilah yang dapat memicu kecemasan.

 

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.