Sukses

Pasien Masih Sulit Akses Obat Antivirus Hepatitis B dan C

Ini yang jadi kendala obat antivirus hepatitis B dan C sulit didapatkan pasien di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Penanganan pasien hepatitis B dan C bisa memanfaatkan obat antivirus. Sayangnya, tidak semua pasien mampu mengakses obat antivirus hepatitis B dan C.

Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan, memaparkan kendala pasien kesulitan mendapatkan obat hepatitis B dan C terkait perizinan resep.

"Selama ini, yang berhak memberikan resep obat hanya konsultan gastroenterologi. Saya sebagai konsultan gastroenterologi bisa memberikan resep obat," jelas Irsan saat ditemui usai acara "Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis" di Jakarta, ditulis Jumat (27/7/2018).

Akar masalahnya, kata Irsan, jumlah konsultan gastroenterologi di Indonesia hanya 155 orang. Seluruh konsultan gastroenterologi pun berada di Indonesia bagian barat. Sementara, di Indonesia bagian timur sama sekali tidak ada konsultan gastroenterologi.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Takut salah digunakan

Irsan sempat bercerita alasan hanya konsultan gastroenterologi yang meresepkan obat antivirus hepatitis B dan C.

"Awal ceritanya, obat antivirus itu takut digunakan dengan indikasi yang salah. Sementara itu, yang belajar soal obat itu kan konsultan gastroenterologi," ungkap Irsan.

Oleh karena itu, perizinan obat dipersempit, hanya konsultan gastroenterologi saja. Dokter spesialis penyakit dalam biasa tidak bisa meresepkan obat antivirusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.