Sukses

10 Cara Mengeluarkan Dahak Mengganggu Saat Sedang Batuk

Dahak yang mengganggu saat batuk bisa Anda keluarkan dengan cara alami berikut ini.

Jakarta Ketika batuk melanda, ada satu hal yang cukup menyebalkan yakni munculnya dahak. Dahak tersebut muncul sebagai penanda bahwa sedang terjadi infeksi di saluran pernapasan.

Adanya dahak cukup mengganggu sebab seperti ada yang mengganjal dan membuat suara jadi serak. Oleh karena itu dahak wajib hukumnya untuk dikeluarkan.

Memang, ada beberapa obat batuk yang juga berfungsi untuk mengeluarkan dahak. Namun seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com (26/7) dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa cara alami untuk mengeluarkan dahak tanpa dengan minum obat.

Banyak minum minuman hangat

Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada tenggorokan menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemontea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

Madu dan jahe

Minuman hangat selanjutnya yang cocok sebagai cara mengeluarkan dahak adalah meminum madu dan jahe. Sejak jaman dulu telah dipercaya bahwa jahe merupakan rempah-rempah yang dapat meminimalkan batuk serta cara mengeluarkan dahak. Anda bisa meminumnya dengan memarut 100 g jahe lalu peras airnya. Campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Minum 2 kali sehari agar dahak segera keluar.

Kumur air garam

Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan sebagai obat jika ada masalah kesehatan pada gigi. Namun tidak hanya untuk masalah gigi saja, garam juga dapat dipakai sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab dahak. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Kumur hingga pangkal lidah dengan menengadahkan kepala agar bisa membasmi bakteri penyebab dahak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunyit

Kunyit mempunyai sifat dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak terutama untuk membuat dahak menjadi cair sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Caranya adalah dengan memarut kunyit, lalu peras airnya. Seduh dengan segelas air hangat. Bisa juga dengan ditambahkan madu.

Lada

Rempah-rempah selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak adalah lada. Seduh sdt lada dengan segelas air hangat. Untuk menambah rasa agar tidak pedas, tambahkan madu sesuai selera Anda.

Menghirup uap air hangat

Menghirup uap dapat mengeluarkan dahak karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada paru-paru. Masak air hingga mendidih lalu Anda hirup uapnya. Tidak usah terlalu dekat agar hidung tidak melepuh.

Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Agar menghirup uap air semakin efektif untuk mengeluarkan dahak, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

Daun mint

Daun minta sudah terkenal sebagai cara melegakan tenggorokan. Bisa juga diterapkan sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Caranya adalah dengan menyeduh beberapa lembar daun minta yang sudah dicuci bersih.

Mengonsumsi bawang putih

Cara mengeluarkan dahak secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih. Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberangus bakteri penyebab dahak.

Minum banyak air

Dahak biasanya susah keluar karena terlalu kental. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, maka akan menjadi cara mengeluarkan dahak dengan mengencerkan dahak. Air putih juga akan menggantikan cairan yang keluar karena sering mengeluarkan dahak.

Jadi, Anda sedang kesal dengan adanya dahak yang mengganggu? Atasi dengan cara alami di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.