Sukses

4 Cara Olahraga Bisa Perkuat Mental (2)

Berikut ini beberapa motivasi ala olahraga, yang bisa dierapkan untuk membentuk mental yang lebih kuat

Liputan6.com, Jakarta Olahraga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan mental yang kuat. Hal ini karena mental yang kuat juga dibutuhkan untuk memberikan ketahanan fisik bagi Anda yang ingin melatih tubuh agar lebih kuat.

Dalam artikel sebelumnya, psikolog olahraga, Dr. Jim Afremow memiliki beberapa motivasi  untuk memberikan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai hal dalam kehidupan. Berikut ini 2 saran lainnya yang dilansir dari Men's Health pada Rabu (2/5/2018).

3. Visualisasi adalah kekuatan super

Afremow percaya dengan kekuatan visualisasi untuk meraih tujuan. Bayangkanlah diri Anda menyelesaikan lomba atau sebuah tugas, itu bisa menjadi kenyataan.

Dia bahkan mengatakan hal itu sebagai kekuatan super. Banyak atlet telah mengatakan hal itu membantu mereka mencapai peringkat yang tinggi. Namun menurutnya, orang banyak yang tidak melakukan ini dengan cukup.

Luangkan beberapa menit setiap hari memvisualisasikan diri tampil sesuai dengan keinginan dan perasaan setelah mencapai hal tersebut.

Ketika gambaran tersebut telah dicapai, otak akan menyimpan hal itu di kepala Anda.

Bantulah dengan musik sementara Anda membayangkan tentang tujuan tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memulihkan Diri

4. Pemulihan juga dibutuhkan

Ketika Anda ingin mencapai tujuan, terutama dalam olahraga, sangat rentan diri kita untuk kebablasan dan tidak mampu memberikan waktu untuk memulihkan diri.

"Pemulihan adalah kewajiban," kata Afremow. "Seringkali kita memiliki pendekatan yang berlawanan, di mana kita berlatih melebihi kemampuan dan melupakan pemulihan."

Fisik yang lelah juga berarti mental terkuras. Bersantailah sehingga otak juga sedikit lebih rileks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.