Sukses

Ini Cara Tepat Tangani Gagap Bicara

Sulit bicara atau gagap umumnya terjadi pada anak usia 2 sampai 7 tahun. Seiring perkembangan otak yang kian sempurna, kegagapan bisa disembuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Gagap adalah gangguan bicara yang ditandai permasalahan pada kelancaran alur bicara seseorang. Tidak sedikit penderita gagap menjadi korban bullying.

Namun, gagap bukan kelainan yang tak ada obatnya. Hal itu dibuktikan sederet selebritas Hollywood melalui akting jempolannya. Sebut saja Julia Roberts, Nicole Kidman, Samuel L Jackson, Marilyn Monroe, Bruce Willis, sampai Emily Blunt.

Nama yang terakhir disebut pernah mengalami perundungan karena gagap bicara. Ia merasa kesulitan untuk bicara normal. Namun ketika pada usia 12 ia mengeluarkan suara-suara lucu, Blunt justru terlihat menggemaskan.

Guru Blunt menyarankan dia untuk ikut kegiatan teater. Hasilnya, ia menemukan pekerjaan yang disukai yaitu akting dan bertemu jodohnya, aktor John Krasinski.

Aktris kelahiran London 35 tahun lalu yang berakting bersama suaminya di film horor A Quiet Place itu mengatakan keterlibatannya di pertunjukan sekolah membuatnya mencintai teater. Meski akting membantunya mengatasi gagap, itu tidak benar-benar hilang.

"Gagap kadang muncul jika saya sedang lelah, atau saat sedang hamil," ujar ibu dari Hazel (4) dan Violet (2), melansir laman Today.

Sebenarnya, masalah gagap dapat dialami siapapun tanpa memandang jenis kelamin, umur, maupun status sosial. Kondisinya bervariasi, dari taraf yang ringan sampai berat. Cara penanganannya pun berbeda.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kegagapan didefinisikan sebagai gangguan berbicara di mana penderitanya cenderung mengulang kata, menarik kata kembali, berkata tak lengkap, melewatkan kata, atau bicara dengan kata-kata tak bermakna. Masalah ini terjadi saat otak tak mampu mengirim dan menerima pesan dengan cara normal, dikutip dari laman KlikDokter, Selasa (10/4/2018).

Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berusia dua sampai tujuh tahun yang masih belajar bicara.Biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang kian sempurna.

Kegagapan juga bisa diakibatkan cedera otak (biasanya dari cedera karena kecelakaan atau karena penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya Alzheimer), atau juga karena trauma yang berat.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi gagap sejak dini

Dalam tulisannya, Dyah menegaskan gagap bisa diatasi sejak dini. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Konseling

Terapi ini berusaha mendidik orangtua ataupun orang terdekat dari anak gagap berkaitan dengan perkembangan berbicara dan bagaimana menanggapi mereka yang gagap dengan cara positif.

Tanggapan yang tepat dapat membantu mereka terhindar dari masalah sosial dan emosional yang dapat berkembang. Anda dapat mendukung mereka agar terhindar dari kegagapan permanen.

2. Terapi bicara

Terapi ini mempunyai sejumlah pendekatan yang berbeda, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, dan tingkat masalahnya. Biasanya ahli patologi masalah berbicara dan berbahasa juga menggabungkan dan memperluas elemen dari teknik konseling.

Metode yang digunakan untuk mengobati kegagapan pada terapi ini dibagi menjadi dua, yaitu pengobatan tidak langsung dan pengobatan langsung.

Metode yang pertama disebut fokus pada penciptaan lingkungan yang nyaman dan santai, sehingga dapat meningkatkan cara berbicara penderita dengan alami. Ahli patologi  akan mengevaluasi dan memonitor kemajuannya.

Beikutnya, metode pengobatan langsung, suatu interaksi pribadi antara ahli patologi dengan penderita kegagapan. Ahli patologi akan mengajarkan penderita membentuk kata-kata, bicara secara perlahan, dan merasa rileks meski kegagapan muncul.

Penderita juga akan belajar untuk menghilangkan gejala-gejala fisik dari kegagapan, seperti mata berkedip, dan cara menghadapi masalah emosi yang mungkin timbul dikarenakan kegagapan tersebut.

3. Obat Dokter

Obat dokter digunakan sebagai bagian dari pengobatan untuk kondisi seperti depresi atau kecemasan yang dapat memperburuk kegagapan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Selain itu, gagap juga dapat disembuhkan, tergantung penyebabnya. Beberapa terapi yang cukup hits saat ini adalah hipnoterapi, pijat saraf bicara, dan metode baru yang disebut Modifying Phonation Intervals (MPI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini