Sukses

Cara Mudah Maafkan Kesalahan Masa Lalu

 

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada pribadi yang sempurna karena kita semua membuat kesalahan. Hanya saja, yang perlu dilihat adalah bagaimana Anda hanya pasrah dan menyesali kesalahan Anda, atau belajar dari kesalahan tersebut.

Walaupun tidak mudah, namun ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memaafkan diri Anda, dari kesalahan yang lalu.

Dilansir dari Step to Health, Senin (12/2/2018), berikut ini tips agar Anda bisa memaafkan kesalahan Anda di masa lalu.

1.Cari dan temukan sisi positifnya

Rasa sakit, kegagalan, dan kesalahan harus membuat kita untuk bertumbuh, lebih dewasa, dan lebih memahami hidup dengan lebih baik. Namun bagaimana agar bisa seperti itu?

Untuk itu, Anda perlu menemukan sisi pembelajaran dalam kesalahan Anda. Anda harus merenungkan waktu sebanyak yang Anda butuhkan. Anda harus menemukan sisi positif dari kesalahan Anda dan cobalah untuk memaafkan diri Anda sendiri.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 4 halaman

Tanyakan dan cintai diri sendiri

2. Tentukan mengapa Anda butuh rasa mengampuni

Mengampuni diri sendiri adalah tindakan yang penting karena membebaskan Anda dari penjara yang kita jalani. Penjara itulah yang menjebak diri kita sendiri.

Anda mungkin merasa bersalah dan bertanggung jawab atas suatu hal. Kenangan tersebut mungkin tidak bisa dimaafkan dan sangat menyakitkan. Walaupun negatif, Anda harus punya waktu untuk bisa mengampuni diri Anda sendiri dan mengatasi situasi ini.

Anda harus tunjukkan pada diri sendiri bahwa Anda mampu mengubah, memperbaiki,dan menyesali perbuatan Anda. Buat itu dan Anda akan lebih mudah menemukan pengampunan dalam diri Anda sendiri.

3. Mencintai diri sendiri

Bukan berarti Anda harus narsis. Mencintai diri yang dimaksud adalah terkadang, kita menyalahkan diri kita sendiri. Kita terlalu kritis dengan kesalahan kita hingga tidak bisa memaafkan kesalahan di masa lalu. Hanya karena kita tidak mencintai diri kita sendiri.

Anda juga harus percaya bahwa diri Anda berharga. Itu membuat kita mengerti serta berbelas kasih pada diri kita sendiri. Bahkan dengan kekurangan kita.

Cobalah mencintai diri sendiri sebagai sebuah jembatan maaf. Anda akan melihat betapa Anda merasa lebih baik terhadap diri sendiri.

3 dari 4 halaman

Memulai dari awal, untuk masa depan

4. Pikirkan tentang masa depan

Hidup di masa lalu membuat kita tidak bisa melihat masa depan. Merantai diri kita di masa lalu menjadikan hambatan yang tak bisa dilepaskan. Ini membuat kita akan selalu berada di tempat yang sama. Cara yang tepat adalah dengan merencanakan dan menentukan masa depan Anda.

Jika Anda tetap fokus pada tujuan Anda di masa depan, ingat bahwa masa lalu menjadi tidak penting. Paling tidak di pikiran Anda. Anda bisa menggunakan kesalahan Anda sebagai jalan untuk sebuah tindakan. Anda harus tahu apa yang harus Anda hindari agar apa yang diinginkan bukan sekadar angan-angan.

5. Memulai dari awal

Ini adalah cara yang bagus memaafkan diri kita dari kesalahan di masa lalu. Anda harus tinggalkan rasa sakit dan masalah yang menghalangi Anda untuk lebih baik.

Fokuslah pada Anda yang baru. Pada diri Anda yang tidak memiliki penderitaan dari masa lalu Anda. Namun, pada diri Anda yang memiliki pengalaman dan kebijaksanaan.

Masa lalu memang harus ada di waktu yang lalu. Ambillah kesalahan Anda sebagai pelajaran dan gunakan itu sebagai pembelajaran di masa sekarang. Agar masa depan Anda lebih baik

4 dari 4 halaman

Spiritual dan hargai kehidupan

6. Tumbuhkan rasa spiritual

Bermeditasi, berdoa, beribadah, pergi ke psikolog. Semua itu dapat membantu Adna bertumbuh secara rohani maupun emosional. Tentu saja Anda butuh beberapa saat untuk hal ini.

Carilah waktu di mana tidak ada yang akan mengganggu Anda. Seperti saat berbaring sebelum tidur, berbaring saat bangun tidur, atau bahkan ketika sedang mandi.

7. Hargai kehidupan Anda saat ini

Hargai diri Anda. Masa lalu, sekarang, atau masa depan, tidak akan berharga ketika Anda mengisinya dengan kesedihan. Untuk menghindari itu, nikmatik hari ini semaksimal mungkin dan tetaplah untuk konsisten pada kehidupan Anda.

Pikirkanlah apa yang terpenting dalam hidup Anda saat ini. Serta apa yang harus Anda syukuri. Ada banyak hal seperti itu dalam hidup Anda. Hargailah semua itu.