Sukses

Beranak dalam Kubur Sungguh Ada di Dunia Nyata

Sebuah kisah mirip kejadian beranak dalam kubur terjadi di Afrika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Kisah nyata mirip beranak dalam kubur baru saja terjadi. Belum lama ini ada kejadian yang menghebohkan masyarakat di sebuah desa di Afrika Selatan usai mendapati bayi yang lahir dari ibu yang meninggal 10 hari sebelumnya.

Sebelum meninggal, Nomveliso Nomasonto Mdoyi sedang mengandung sembilan bulan. Masalah pernapasan membuatnya meninggal sebelum melahirkan. Sekitar 10 hari sesudah meninggal, tepatnya kala Mdoyi akan dikuburkan, bayi tersebut keluar dari tubuh.

Mengutip Daily Mail Rabu (24/1/2018), fenomena beranak dalam kubur atau dalam keadaan meninggal seperti kejadian di atas dalam dunia medis dikenal dengan post mortem foetal extrusion.

Usai seseorang meninggal, jaringan tubuh kehabisan oksigen dan melepaskan gas seperti karbon dioksidan dan metana. Pada saat yang sama, jaringan organ lemah karena ada exoenzim.

Difusi gas yang berlebihan ke jaringan tubuh yang lemah menyebabkan tubuh membengkak dua sampai lima hari sesudah meninggal.

Lalu, gas yang ada di perut menyebabkan rahim turun. Janin pun keluar lewat saluran vagina.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisakah bayi tetap hidup?

Kasus bayi lahir usai meninggal sudah mulai tercatat di abad ke-16. Sayangnya, berdasarkan catatan medis tak ada bayi yang hidup usai dilahirkan pada kondisi post mortem foetal extrusion ini.

Pada kasus di Afrika Selatan ini, pihak keluarga belum mengetahui tentang fenomena ini. Juru bicara keluarga Mbikelwa Mpithi bakal betanya ke ahli medis dan dokter kandungan untuk tahu lebih banyak soal persalinan ibu saat meninggal.

"Kami tidak bisa diam saja. Kami ingin tahu lebih banyak tentang hal ini," kata Mpithi mengutip Times Live.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.