Sukses

Sekaleng Minuman Soda Setara Satu Porsi Makan Siang Anda

Liputan6.com, Jakarta Mulut dokter seperti berbuih saat harus mengingatkan bagi siapa yang mau kurus untuk menjauhi minuman soda.

Anda mungkin bosan juga mendengar pantangan itu. Memang benar bahwa segelas minuman soda yang dicampur es membuat dahaga tidak kerang lagi. Namun sadarkah Anda bahwa minuman soda tinggi gula?

Salah seorang dokter yang juga staf dari Klik Dokter, dr Dyan Mega Inderawati menyebut di dalam satu kaleng minuman soda terkandung gula sebanyak tujuh sampai sembilan gula. Gula sebanyak itu masuk ke dalam tubuh hanya dalam satu kali teguk.

Belum lagi jika kebiasaan ini tidak diimbangi dengan makanan sehat. Jangan menyesal jika tubuh Anda tak juga kurus atau langsing.

 

2 dari 3 halaman

Minuman Soda Bikin Gendut Apa Sebab?

Dyan mengatakan bahwa bicara berat badan sudah pasti bicara kalori. Semakin sedikit kalori yang masuk atau semakin banyak kalori yang terbuang dengan olahraga akan mempermudah Anda kurus.

Minuman soda dengan takaran 1,5 liter mengandung 700 kalori. Sementara Anda membutuhkan kalori sebanyak 2.000 kilokalori dalam sehari.

"Nilai kalori yang terkandung di dalam minuman soda setara dengan satu porsi makan siang Anda. Sayang, minuman ini tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan tidak juga mengenyangkan," ujar Dyan dikutip dari situs Klik Dokter pada Rabu, 24 Januari 2018.

 

3 dari 3 halaman

Peneliti Lain Terkait Minuman Soda Bikin Gendut

Minuman soda bisa menaikkan berat badan Anda disokong juga dengan hasil penelitian ilmiah oleh Malik dan kawan-kawan untuk dimuat di American Journal of Clinical Nutrition.

Yang lebih parah lagi, satu kaleng minuman soda mampu meningkatkan risiko obesitas sampai 60 persen.

Studi lain menyebut, asupan yang sama mampu menambah timbangan Anda 0,5 kilogram dalam empat tahun.

"Itu baru hitung-hitungan satu kaleng soda. Pertanyaannya, berapa banyak minuman soda yang sudah dikonsumsi dalam sebulan terakhir?," kata Dyan menambahkan

Mengingat minum soda berpotensi bikin gemuk dan mengancam kesehatan, ada baiknya Anda berpikir ulang sebelum meneguknya. Ketimbang minum minuman soda ada baiknya Anda mengganti dengan air putih atau jus yang Anda buat sendiri.

Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Pilihan Makan Siang agar Badan Tetap Langsing
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Selalu Mengantuk Setelah Makan Siang