Sukses

Bayi Gigit Puting Payudara Saat Menyusu, Ibu Bisa Lakukan Ini

Liputan6.com, Jakarta Ibu mungkin akan terkejut kala bayi tiba-tiba mengigit puting payudara. Suasana menyusui yang awalnya tenang bisa saja berubah menyakitkan karena si kecil menggigit puting payudara.

Sebenarnya, tidak semua bayi akan menggigit puting payudara saat mereka menyusui. Namun hal ini bisa masalah besar bagi ibu menyusui, menurut Pam Davey, konsultan laktasi dari Edmonton.

Menanggapi hal tersebut, Davey menyarankan agar para ibu tak perlu khawatir. Bayi yang menggigit puting payudara dapat diatasi jika Anda tahu caranya, dilansir dari Today's Parent, Rabu (27/12/2017).

Bayi membutuhkan posisi yang bagus untuk menyusui. Ini akan membuat bayi merasa nyaman. Posisi menyusui yang kurang tepat akan membuat bayi tidak bisa menggigit puting payudara.

Permasalahan menyusui bayi mulai terjadi saat gigi muncul. Gigi yang mulai tumbuh bisa membuat gusi bayi sakit. Si kecil mungkin menyesuaikan posisinya untuk menyusui.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Berikan mainan gigit bayi

Untuk mencegah bayi menggigit puting payudara, Davey menyarankan, ibu memberikan mainan gigit bayi untuk dikunyah sebelum menyusu. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan ketidaknyamanan bayi sekaligus berjaga-jaga agar ia nyaman berada di payudara.

"Jika bayi tampaknya mengganti posisi menyusu, Anda bisa memasukkan jari di antara gusi dan membimbingnya lepas dari payudara, sebelum dia menggigit puting," ucap Davey.

Periksa posisi bayi saat menyusu. Bila punya balita yang masih menyusu, ibu dapat mendorong mereka untuk tidak menggigit dengan mengatakan Tidak boleh" dengan lembut dan tegas.

Setelah itu, Anda juga bisa memberikan mainan gigit bayi. Mainan gigit bayi juga bisa sebagai pengalih perhatian.

Jika Anda digigit sangat keras, oleskan sedikit ASI di atas puting payudara setelah bayi menyusui. ASI dapat membantu menyembuhkan rasa nyeri dari gigitan bayi.

Biarkan terbuka atau bilas menggunakan larutan garam. Larutan garam dibuat dengan dua sendok teh garam dicamput satu cangkir air hangat.

Saksikan Live Streaming Fashion Nation 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Terinspirasi Kendall Jenner, Kini Banyak Wanita Ingin Punya Puting Desainer
Artikel Selanjutnya
Hamil Kembar, Ini Tantangan yang Dihadapi Ibu