Sukses

Cara Mudah Atasi Migrain dengan Herbal dan Pijat

Liputan6.com, Jakarta Orang yang mengalami migrain seringkali mengatasinya dengan minum obat sakit kepala. Namun, penggunaan obat-obat kimia dalam jangka waktu yang lama dapat berefek pada gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu, penting untuk mencari cara alternatif untuk mengatasi migrain.

Mengutip laman Boldsky, Rabu (25/10/2017), migrain merupakan rasa sakit berdenyut yang terjadi pada salah satu sisi kepala dan mudah memburuk apabila tidak ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menangani migrain.

1. Jahe

Jahe secara efektif membantu mengatasi sakit kepala terutama pada migrain. Selain itu, jahe ampuh mengatasi mual dan muntah yang merupakan gejala migrain. Minum secangkir jahe hangat merupakan langkah tepat saat migrain menyerang.

2. Kompres es

Menggunakan bungkus es atau menggunakan kompres dingin ke kepala dan leher Anda akan memberi efek mati rasa dan juga akan menumpulkan sensasi rasa sakit. Hal ini bisa mengendurkan otot yang tegang dan mengobati migrain.

3. Pepermint

Minum daun mint atau teh peppermint setiap hari akan membantu mencegah migrain. Hal ini juga membantu dalam mengobati sakit migrain secara efektif.

Saksikan video menarik berikut :

 

2 dari 2 halaman

4. Cabe rawit

Cabe rawit mengandung bahan aktif yang disebut capsaicin yang bisa memberi kelegaan pada sakit kepala. Hal itu terjadi dengan menghabiskan zat P, neurotransmitter yang mengirimkan sinyal rasa sakit.

5. Minyak lavender

Memijat minyak lavender ke pelipis dan belakang leher untuk meringankan sakit kepala migrain juga memudahkan perasaan mual dan cemas.

6. Duduk di ruangan gelap

Sensitivitas terhadap cahaya atau fotofobia adalah pemicu umum untuk migrain dan juga bisa memperburuk keadaan. Berdiam diri di ruangan gelap yang tenang akan membantu menghilangkan gejala-gejala yang menyakitkan.

7. Istirahat

Migrain juga dapat diatasi dengan istirahat. Tidur dalam waktu yang cukup dapat mengurangi gejala migrain dan membuat badan lebih segar saat terbangun.

8. Pijat kepala dan leher

Anda dapat dengan lembut memijat daerah kepala dan leher Anda atau sebaliknya menggunakan es batu langsung ke otot yang sakit dan memindahkannya sepanjang otot bolak-balik sebentar. Ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk menyembuhkan sakit kepala migrain.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan