Sukses

Konsultasi Tulang: Lutut Sering Berbunyi "Klik", Harus Waspada?

Setiap kali aku menekuk lutut, pasti ada bunyi "Klik". Tidak sakit, hanya selalu ada. Apa sebenarnya yang terjadi?

 Pertanyaan: 

Liputan6.com, Jakarta Halo, dokter Andjar, aku Uno, 26 tahun.

Aku punya permasalahan tulang, dok. Sejauh ini memang belum mengganggu, tapi aku takut lama-lama menjadi masalah yang lebih serius.

Setiap kali aku menekuk lutut, pasti ada bunyi "KLIK". Tidak sakit, hanya selalu ada. Ini sebenarnya kenapa ya, Dok? Apakah ada masalah dengan tulang aku?

Terimakasih sebelumnya,

Uno Kartika, uno*****@gmail.com

Jawaban :

Hai, Uno...

Untuk adanya bunyi “klik” di lutut, kemungkinan Anda kurang cairan sendi dan Anda terbiasa berolahraga atau punya kegiatan berlebih yang menggunakan lutut, sehingga saya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apabila ini dibiarkan saja, maka akan jadi lebih serius karena permukaan sendi akan haus hingga menimbulkan robekan pada sendi (meniscus).

Untuk pencegahan, jangan melakukan olahraga berlebihan dan tetap menjaga berat badan. Rajin–rajin jaga kesehatan dan pola makan ya, dan jangan lakukan olahraga berlebih.

Sehat selalu, ya.

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini