Sukses

Alat Ini Bisa Deteksi Penyakit Kronis Dari Napas

Alat ini bisa mendiagnosis 17 penyakit berbeda. Seperti Parkinson, kanker paru, gagal ginjal, kanker ovarium, kanker prostat dan lainnya.

Liputan6.com, New York- Peneliti terus melakukan aneka pengembangan dalam menciptakan alat untuk mendeteksi penyakit. Salah satunya adalah alat bernama Na-Nose.

Peneliti Hossam Haick telah bekerja mengembangkan alat elektronik ini selama bertahun-tahun. Dalam jurnal American Chemical Society Nano terbaru disebutkan alat ini menunjukkan perkembangan yang mengesankan.

Peneliti telah mencoba alat ini pada napas 1.400 partisipan. Hasilnya, alat ini bisa mendiagnosis 17 penyakit berbeda. Seperti Parkinson, kanker paru, gagal ginjal, kanker ovarium, kanker prostat dan penyakit lain dengan akurasi hingga 86 persen.

Perangkat cerdas ini mampu mengidentifikasi senyawa organik yang mudah menguap. Dari senyawa ini, berbagai jumlah dan kombinasi bisa mendiagnosis terhadap suatu penyakit seperti mengutip Fox News, Rabu (4/1/2017).

Menurut Haick, angka akurasi Na-Nose baru 86 persen tidak bisa digunakan di dunia nyata. Namun peneliti yakin dalam beberapa tahun ke depan alat ini makin akurat dengan harga murah sehingga bisa dipakai di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.