Sukses

Walau Sesekali, Ada 4 Bahaya Rokok Bagi Wanita

Liputan6.com, Jakarta Mungkin beberapa orang berpikir, merokok hanya  sesekali ketika misalnya sedang kumpul bersama teman, tidak berbahaya bagi tubuh. Namun sebenarnya satu batang rokok tetap bisa memberikan dampak.

Dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (10/11/2016), berikut ini adalah kekacauan yang disebabkan oleh rokok pada tingkat sel dalam tubuh wanita, sehingga bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan seperti di bawah ini:

1. Ketidaksuburan

Menghisap rokok dapat membuat ovarium Anda menua, merusak produksi estrogen, dan merusak DNA telur Anda. Sehingga rokok dapat menyebabkan infertilitas dan menopause dini.

2. Kanker payudara

Zat kimia yang kotor dalam rokok, bisa mendorong pertumbuhan sel di payudara berubah menjadi sel kanker. Sebuah analisis baru mengungkapkan, wanita yang merokok memiliki risiko 24 persen lebih tinggi untuk mengalami penyakit kanker payudara. Studi tersebut di publikasikan dalam jurnal National Cancer Institute.

3. Kanker usus besar

Risiko penyakit ini bisa naik 19 persen jika seorang wanita pernah merokok. Risiko tersebut bahkan lebih besar dua kali lipat (sekitar 8 persen lebih tinggi) dari pria yang merokok. Studi tersebut dipublikasikan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention.

4. Kerusakan DNA

Penelitian dalam jurnal Stem Cell menemukan bahwa sel-sel di paru-paru perokok mungkin tampak sehat ketika melakukan X-Ray, namun sebenarnya sel-sel tersebut sedang berubah menjadi kanker.

Loading