Sukses

Pelukan Dapat Redakan Emosi Anak Tantrum

Beberapa trik ini dapat meredakan emosi anak tantrum.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menghadapi anak tantrum para orangtua harus memiliki cara khusus untuk menghentikan atau menghindari luapan emosi pada anak. Seperti apa triknya?

Enam trik efektif berikut ini telah digunakan para ibu dan ayah yang memiliki anak tantrum, seperti dikutip Parents, ditulis Minggu (6/11/2016).

1. Beri pelukan

Ketika anak tantrum cobalah untuk memeluknya erat dan ajak bicara perlahan hingga ia tenang. 

2. Diamkan sejenak

Ketika emosinya melonjak, orangtua harus membiarkan atau diamkan tantrum anak sejenak. Ketika ia sudah tenang dengan sendirinya berilah pengertian dan coba merangkulnya.

3. Beri alternatif

Saat anak tantrum dan mulai menyakiti dirinya, orangtua harus memberikan alternatif. "Ketika ia mulai membenturkan kepalanya ke lantai saya memberinya bantal, tetapi jika ia tidak berenti saya mulai menghampirinya dan bicara perlahan dengannya," kata seorang ibu asal Frankin, AS.

4. Jangan langsung mengabulkan keinginannya

Seorang ibu asal Colorado yang memiliki anak tantrum mengaku tidak selalu mengabulkan keinginan si anak. Menurutnya anak akan terbiasa mengeluarkan tantrumnya ketika ia ingin sesuatu hal. "Dengan cara itu ia jadi sadar kalau amukannya bukan cara untuk mendapatkan apa yang ia mau," katanya.

5. Berikan kegiatan

Ketika anak sibuk melakukan banyak kegiatan ia akan lupa dengan tantrumnya. "Ketika pikirannya sibuk ia akan belajar dan tidak memiliki waktu untuk mengeluarkan tantrumnya," saran ibu asal Georgia.

6. Ajak ke tempat yang membuatnya tenang

Kala tantrumnya sedang kumat, ajak si anak ke tempat yang membuatnya tenang. Misal ke tempat tidurnya atau ke ruang keluarga, cara ini akan membantu anak menenangkan dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini