Sukses

Khawatir dengan Pola Pernapasan Bayi Anda? Baca Ini

Berikut adalah pola-pola pernapasan bayi yang sebenarnya normal, seperti:

Liputan6.com, Jakarta Jika melihat napas bayi yang sedikit tidak teratur, mungkin hal ini akan membuat Anda bertanya-tanya dalam hati, apakah hal ini normal? Namun, bayi yang baru lahir memiliki pola pernapasan yang berbeda dengan orang dewasa. Apa yang tampak tidak biasa atau mengkhawatirkan bagi kita, adalah suatu hal yang normal bagi bayi Anda.

Dilansir dari Verywell, Rabu (24/8/2016), berikut adalah pola-pola pernapasan bayi yang sebenarnya normal, seperti:

1. Pola pernapasan yang sedikit berisik

Jangan terkejut jika bayi kecil Anda bernapas seperti ini. Ini karena ketika bayi bernapas, mereka membuat berbagai macam suara, mulai dari dengusan, geraman, sampai bersiul. Napas yang berisik tersebut sebenarnya tidak apa-apa. Namun perhatikan tanda-tanda lain dari gangguan pernapasan dan segera hubungi dokter, jika napas bayi seperti:

a. Tubuh bayi berubah biru, terutama daerah yang mendapatkan banyak aliran darah, seperti bibir, lidah, vagina pada bayi perempuan. Selain itu, tangan dan kaki yang membiru juga cukup umum terjadi.

b. Pernapasan bayi meningkat secara signifikan, yaitu lebih dari 60 bernapas per menit.

c. Berjuang ketika bernapas seperti dada yang kempis secara tidak biasa

d. Makan yang buruk

e. Lesu

2. Bayi sering bersin

Terkadang ketika para orangtua membawa pulang bayinya ke rumah, mereka melihat bahwa bayinya sering bersin dan cenderung langsung membuat kesimpulan bahwa bayi mereka pasti memiliki alergi terhadap hewan peliharaan atau mungkin karpet. Namun ketika orangtua menyingkirkannya, ternyata bayi tetap saja bersin.

Hal ini dikarenakan hidungnya yang kecil, sehingga ia rentan bersin. Namun ini hanyalah suatu cara bagi tubuhnya untuk membersihkan bagian hidung dan menunjukkan bahwa tubuhnya bekerja seperti yang seharusnya.

3. Pernapasan periodik pada bayi yang baru lahir

Ketika bayi Anda tertidur, mereka mengalami pernapasan periodik, yaitu perubahan tingkat pernapasan yang sebenarnya normal. Biasanya bayi yang sedang mengalaminya pada suatu waktu tingkat napasnya cepat, kemudian ia tampak tidak bernapas sama sekali selama beberapa detik dalam waktu yang singkat. Saat usia bertambah, dia akan melewati fase ini. Namun untuk saat ini, merupakan bagian dari perkembangan bayi yang baru lahir. 

4. “Flu pertama kali” dan hidung tersumbat

Memang suatu yang tidak biasa bagi bayi untuk mengalami kondisi ini. Namun sekali lagi, hal ini dikarenakan hidungnya yang kecil, sehingga dapat membuatnya hidungnya sedikit tersumbat disertai dengan ludah yang jatuh atau pun sedikit muntah. Mungkin ini akan lebih mengganggu Anda dibanding dirinya. Tapi terkadang, membiarkannya saja merupakan hal yang bisa Anda lakukan.

Tetapi jika Anda merasa bahwa mereka membutuhkan bantuan, orangtua dapat mempertimbangkan area tidurnya terbebas dari debu, serat, atau rambut hewan peliharaan.

5. Cegukan

Hal ini juga merupakan kebiasaan umum lain dari bayi yang baru lahir. Ibu mungkin mengalami bayinya yang cegukan di dalam rahimnya dan hal ini tidak jauh berbeda ketika bayi sudah keluar dari perut ibu. Untuk meredakannya, memberinya makan dapat membantu menghentikan cegukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini