Sukses

5 Ide Membuat Keripik Buah dan Sayuran Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Chip, atau keripik sarat dengan garam, lemak dan kalori yang tinggi. Chip banyak dihindari oleh mereka yang sedang menjalankan diet, tapi tidak dengan keripik sayuran. Hanya seperti kita ketahui, chip sayuran yang beredar di pasaran tidak benar-benar berisi sayuran, melainkan hanya campuran bubuk sayuran, dan bahan tambahan kimia lainnya. 

Bagi Anda pecinta keripik, masih ada cara aman untuk tetap mengkonsumsi keripik tanpa merusak diet. 5 buah dan sayuran berikut ini dapat dibuat keripik yang sehat, seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (28/7/2016)

Keripik Kangkung Panggang

Kangkung adalah salah satu makanan dengan kandungan gizi yang menyehatkan. Per kalori, kangkung mengandung zat besi lebih banyak dari daging sapi, lebih banyak kalsium dibandingkan susu dan lebih banyak Vitamin C dari bayam!
Setiap cangkir kangkung mengandung hanya 33 kalori. Keripik kangkung panggang sangat mudah dibuat. Pertama, panaskan oven sampai 350 ° F. Buang tulang dan batang kangkung, cuci dan keringkan daun hingga benar-benar kering. Kemudian daun kangkung yang telah kering perciki dengan minyak zaitun dan bumbu pilihan, lalu panggang sekitar 10 - 15 menit sampai menjadi keripik kangkung yang renyah.

Tips: Sebaiknya menggunakan jenis kangkung berdaun lebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Keripik Lemon Dill Zucchini



Keripik Lemon Dill Zucchini

Juga dikenal sebagai courgette, zucchini terkenal karena manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan. Zucchini sangat rendah kalori (1 cangkir irisan zucchini mengandung hanya 19 kalori), tapi memberi perasaan kenyang karena kandungan air dan serat yang tinggi. Untuk membuat keripik Lemon Dill Zucchini, cukup mengiris zucchini tipis dan campur bersama Lemon dill segar, jus lemon, dan garam. Panggang zucchini di 235 ° F selama 1,5 - 2 jam sampai renyah.

Tips: Karena kadar air yang tinggi, tekan zucchini dengan handuk kertas untuk menghilangkan kelembaban guna mempercepat proses pembakaran.


Keripik Bit Rosemary panggang

Bit telah mendapatkan popularitas sebagai superfood baru. Dengan kandungan serat yang tinggi (setiap cangkir bit mengandung 4g serat), bit membantu mencegah sembelit dan melancarkan gerakan usus. Bit juga mengandung betaine yang membantu menurunkan kadar homosistein, yang merupakan salah satu dari banyak cara untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Dengan hanya 4 bahan, keripik bit rosemary panggang super mudah untuk dibuat. Panaskan oven sampai 375 ° F, buat irisan bit tipis dan merata. Perciki irisan bit dengan minyak zaitun, garam dan rosemary. Panggang selama 15 - 20 menit dalam satu lapisan sampai renyah.

Tips: Jika Anda bukan penggemar bit besar karena rasanya, Anda akan terkejut dengan betapa netral rasa bit setelah dipanggang!

3 dari 3 halaman

Keripik Apel Kayu Manis

Keripik Apel Kayu Manis

Apel sangat kaya akan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko kanker, hipertensi, diabetes dan penyakit jantung. Cara membuatnya cukup mengiris apel dan letakkan mereka sendiri-sendiri di atas loyang, taburi dengan bubuk kayu manis dan panggang mereka pada 200 ° F selama 2- 2,5 jam.

Tips: Keripik Apel bisa menjadi kenyal atau sedikit renyah tergantung pada bagaimana Anda mengiris mereka! Jika Anda lebih suka renyah, iris tipis-tipis; jika Anda lebih suka sedikit kenyal, iris mereka sedikit lebih tebal.

Keripik Pisang Panggang

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di bumi. Manis alami mereka dan aroma fruity membuat pisang menjadi pilihan yang sempurna sebagai makanan ringan yang sehat. Pertama, panaskan oven sampai 225 ° F, kemudian iris pisang tipis-tipis. Letakkan satu persatu irisan pada loyang dan sikat dengan jus lemon. Panggang selama 2 - 3 jam sampai pisang kering. Anda tidak perlu menambahkan pemanis apapun!

Tips: Periksa pisang setelah 90 menit, lalu lepaskan kertas perkamen untuk membantu sirkulasi udara lebih baik.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS