Sukses

Kurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi dengan Gerakan Yoga

Liputan6.com, Jakarta Perempuan cenderung malas bergerak ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang. Itu wajar, mengingat kadar hormon estrogen dan progesteron yang menurun selama menstruasi, turut memengaruhi kondisi psikis yang ditandai dengan mood yang berubah-ubah.

Perempuan mungkin tidak tahu bahwa bergerak, dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga, dapat mempelancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu. Tentu tidak lupa mengonsumsi minuman yang berasal dari bahan-bahan yang disediakan alam, seperti kunyit.

Saat meluncurkan kampanye "Stay Fresh and Healthy with Kiranti", OT Group mengajak sejumlah perempuan melakukan yoga in the air bersama di lantai paling atas Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (30/4/2016)

 

Yudhi Widyantoro, Founder dari Komunitas Yoga Gembira, mengatakan, melalui beberapa gerakan yoga sederhana, rasa nyeri ketika menstruasi dapat mereda karena yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Salah satu gerakan yoga pencegah nyeri haid yang bisa dilakukan yaitu Janu Sirsasana (head to knee pose).

Sejumlah peserta mengikuti gerakan Yoga in the Air di rooftop Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (30/4). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kampanye "Stay fresh and healthy with Kiranti".(Liputan6.com/Johan Tallo)

"Gerakan yoga ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satu dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut. Ulangi gerakan tadi di kaki sebelahnya," kata Yudhi.

Setiap gerakan yoga, jelas Yudhi, memiliki efek terapis yang berfungsi memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Selain fokus pada fostur tubuh, yoga juga dapat menenangkan pikiran dan membuat kita masuk kepada fresh momen, emosi dapat kembali teratur.

"Dengan semua manfaatnya, yoga sangat disarankan untuk dilakukan wanita saat sedang menstruasi," ujar Yudhi menjelaskan.

Akan lebih menyenangkan jika selesai melakukan yoga saat menstruasi, minum minuman alami berbahan kunyit, yang memiliki kandungan aktif kurkumin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi (mengatasi nyeri menstruasi), anti jamur dan anti bakteri (termasuk penyebab keputihan dan bau tidak sedap), dan antioksidan dan imunostimulan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Semua manfaat ini terdapat di dalam satu botol Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice.

Peserta saat mengikuti gerakan instruktur pada Yoga in the Air di rooftop Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (30/4). Kegiatan ini dilakukan bertujuan mengajak wanita Indonesia untuk memilih cara yang sehat saat datang bulan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Berbeda dengan Kiranti Sehat Datang Bulan Original yang menggunakan air mineral sebagai pelarut bahan alami, Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice menggunakan satu buah jeruk asli sehingga memiliki rasa yang segar, tidak pahit, dan lebih dapat diterima kalangan yang tidak suka rasa jamu," ujar Michael Bliss, Public Relations OT Group.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.