Sukses

10 Manfaat Kesehatan Virgin Coconut Oil

Liputan6.com, Jakarta Ada alasan kenapa virgin coconut oil begitu digilai belakangan ini. Berbeda dengan minyak kelapa biasa,virgin coconut oil (minyak kelapa murni) memiliki beragam manfaat kesehatan. 

Dilansir dari Health Diaries, inilah 10 kesehatan virgin coconut oil:

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh 

Mengkonsumsi minyak kelapa bisa membantu melawan penyakit karena kandungan anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau infeksi apapun, cobalah mengonsumsi minyak ini.

2. Kesehatan kardiovaskuler

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi menemukan bahwa memakan virgin coconut oil tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Sebaliknya, virgin coconut oil dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung.

Studi awal menemukan, minyak ini menyebabkan tingginya kolesterol karena dibuat menggunakan sebagian minyak kelapa yang mengandung hidrogen tinggi, bukan virgin coconut oil, dan studi tersebut dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Para peneliti menemukan, kaum Polinesia di Kepulauan Cook yang memiliki pola makan sangat tinggi akan minyak kelapa memiliki kolesterol yang rendah dan rendahnya kasus serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang lainnya di New Zealand yang tidak banyak mengkonsumsi minyak kelapa.

Di Sri Lanka, sebuah studi menemukan, kasus serangan jantung telah meningkat seiring dengan menurunnya konsumsi minyak kelapa.

2 dari 4 halaman

Melawan kuman dan menurunkan berat badan

3. Membantu kelenjar tiroid

Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi extra virgin coconut oil bisa membantu gejala dari hypothyroidism. Namun bukti ilmiah yang ada berlawanan dengan hal tersebut. Banyak orang dengan hypothyroidism sukses memperbaiki atau membalikkan hypothyroidism mereka dan berhenti menggunakan obat-obatan.

Perlu diingat bahwa hal tersebut tidak selamanya bekerja untuk setiap orang dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menghentikan pengobatan.

4. Menurunkan berat badan

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi virgin coconut oil setiap hari mengalami pengurangan lemak yang signifikan di daerah perut. Walaupun minyak kelapa merupakan salah satu tipe lemak, namun mampu membantu menurunkan berat badan.

Ini dikarenakan adanya kandungan jaringan lemak asam medium yang akan digunakan oleh tubuh untuk energi alih-alih menyimpannya sebagai lemak, dan hal ini meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Melawan kuman

Ketika diaplikasikan ada luka dan lebam, virgin coconut oil bisa membantu menegah terjadinya infeksi lebih lanjut

3 dari 4 halaman

Menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan kulit

6. Menyembuhkan luka

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus, merawat lukanya dengan menggunakan virgin coconut oil ternyata memiliki daya sembuh lebih cepat.

7. Mencegah stretch mark

Di Asia, minyak kelapa umum digunakan untuk mencegah stretch mark ketika hamil. Bukan hanya mencegah, jika Anda memang sudah memiliki stretch mark, oleskanlah virgin coconut oil pada area tersebut, minyak kelapa ini akan membantu menghilangkannya.

8. Bermanfaat untuk kulit

Melembabkan kulit merupakan kunci untuk membuatnya tetap muda dan sehat. Dan minyak kelapa bisa digunakan untuk menggantikan losion sebagai pelembab yang lebih sehat. Ketika menggunakan virgin coconut oil, juga akan membantu melawan bakteri dan masalah kulit lainnya seperti ruam, dermatitis, jerawat, keriput, eczema, dan psoriasis.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan rambut dan sistem pencernaan

9. Menyehatkan rambut

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut Anda. Salah satu cara yang membantu hal tersebut adalah dengan memperkuat kelenjar dan mencegah kehilangan protein ketika dicuci.

10. Sistem pencernaan

Minyak kelapa telah banyak ditemukan oleh orang-orang sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk masalah pencernaan seperti konstipasi. Minyak kelapa melawan bakteri tidak sehat pada sistem pencernaan serta membantu penyerapan nutrisi pada tubuh.

Viral, Bayi Ini Diberi Nama Joko Widodo Ma'ruf

Tutup Video