Sukses

Bahaya Tidur di Kamar Bersuhu Dingin

Liputan6.com, New York- Sebagian orang mungkin lebih nyaman tidur di ruangan dingin. Alhasil pendingin ruangan diatur di angka rendah. Namun, penelitian di Jepang menyarankan agar tak tidur dengan suhu terlalu dingin karena bisa menimbulkan masalah pada jantung

Peneliti menemukan orang yang tidur semalaman di ruangan bersuhu 14 derajat Celsius tekanan darah diastolik dan sistolik meningkat 6-8 persen saat terbangun di pagi hari dibandingkan mereka yang tidur di ruangan bersuhu 24 derajat Celsius.

"Memang saat bangun tidur, tekanan darah secara alami meningkat. Namun ketika bangun tidur di ruangan yang dingin, pembuluh darah akan menyempit dan jantung bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh tetap hangat," terang pemimpin penelitian dari Japan Nara Medical University, Keigo Saeki, M.D.

Dorongan pada tekanan darah berlangsung setidaknya dua jam atau bisa lebih dan mengakibatkan tekanan serius pada jantung pada masalah serius seperti diungkapkan Saeki dikutip laman Men's Health, Kamis (11/2/2016).

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Jika tekanan darah tinggi dibiarkan dapat merusak organ dan jaringan. Semakin tinggi level tekanan darah, semakin besar risiko yang ditimbulkan.