Sukses

Luar Biasanya Manfaat Pencak Silat, Bela Diri Asli Indonesia

Manfaat berlatih pencak silat, sehat bugar iya, rasa aman pun ada.

Liputan6.com, Jakarta Bangganya kita jadi orang Indonesia karena memiliki bela diri asli negeri ini bernama pencak silat. Bila menekuni seni bela diri satu ini, Anda tak cuma bisa bertahan saat bahaya datang tapi juga tubuh juga segar bugar.

Menurut Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DKI Jakarta, Biem Benjamin, pencak silat memang terbagi menjadi sebuah seni bela diri maupun olahraga. Seni bela diri tersebut biasanya ditampilkan dalam berbagai acara kesenian atau pameran-pameran kebudayaan dalam bentuk tarian.

Sedangkan untuk olahraga, ada aturan-aturan dalam pencak silat yang harus dipatuhi. Sebagai olahraga, sanggar atau padepokan pencak silat tergabung di bawah IPSI.

Pencak silat

Baik sebagai seni atau pun olahraga bela diri, pencak silat tetaplah aktivitas fisik yang mampu membuat tubuh bugar dan sehat seperti diungkapkan dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto.

"Agar sehat dan bugar, itu dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas fisik, salah satunya dengan pencak silat," terang dokter Michael saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Rabu (17/6/2015).

Menurut dokter yang mengambil spesialis di Universitas Indonesia ini, gerakan dalam pencak silat itu mirip wushu yang memiliki keunggulan pada koordinasi gerak dan kelenturan yang dilengkapi dengan kekuatan. Namun untuk bisa memperoleh manfaat sehat dan bugar dari pencak silat, dokter Michael menekankan beberapa syarat.

"Pencak silat sebagai olahraga akan mendapatkan manfaat bila terprogram, terukur, teratur, dan berkesinambungan," terang dokter ramah ini. Berikut empat syarat untuk memperoleh manfaat sehat dan bugar dari pencak silat:

Terprogram, yakni pada saat latihan menekankan bahwa gerakan ini untuk tangan, untuk kelenturan, atau untuk kekuatan. "Ini kan ada semua di pencak silat," ungkapnya.

Terukur, misal untuk gerakan ini kekuatannya hanya sampai titik tertentu.

Teratur, bila dilakukan misalnya dua kali seminggu.

Berkesinambungan, dilakukan secara terus menerus tak pernah putus.

"Jika itu dilakukan, baru memberikan hasil sehat dan bugar bagi tubuh. Tapi kalau sekarang dilakukan, terus baru tahun depan lakukan lagi ya tidak mendapatkan apa-apa," jelasnya.

Tak cuma itu, sebagai salah satu bentuk bela diri, seseorang yang rutin berlatih pencak silat pun akan merasa aman, sehingga ia mampu memproteksi diri sendiri kala dalam bahaya seperti diungkap dokter Michael.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.