Sukses

Cara Mudah Bebas Sembelit dan Sindrom Iritasi Usus

Sembelit adalah kondisi berkaitan dengan pencernaan dan dapat disembuhkan dengan cara sederhana berikut

Liputan6.com, New York Sembelit dan sindrom iritasi usus (IBS) merupakan dua kondisi yang berkaitan erat dengan sistem pencernaan manusia.

Para ahli gizi menyebut bahwa mengonsumsi sedikit serat di dalam kehidupan sehari-hari merupakan penyebab utama terjadinya sembelit dan sindrom iritasi usus. Bila kekurangan serat, tubuh akan kehilangan kebugaran dari otot yang berada di dalam usus.

Melansir laman Daily Mail, Senin (19/1/2015) disebutkan bahwa solusi agar terhindar dari sembelit dan sindrom iritasi usus (IBS) dengan mengonsumsi banyak serat yang larut di dalam tubuh. Seperti diadaptasi dari buku berjudul `the Guide to Living Well` karya Muir Gray oleh Corinna Honan, sumber serat larut di dalam tubuh yang dapat dikonsumsi oleh kita adalah oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebagian sejumlah buah.

Selain itu, serat larut juga dapat ditemukan di dalam sayuran, beras merah, barley, dan gandum-ganduman.

Di dalam buku itu dianjurkan untuk memasukan sebanyak mungkin serat ke dalam tubuh kita, termasuk anjuran untuk segera mengganti roti putih menjadi roti gandum.

Tapi, bila kita masih saja bermasalah dengan kondisi sembelit dan sindrom iritasi usus, padahal sudah menerapkan pola makan seperti di atas, cobalah terapkan diet bebas gluten di dalam kehidupan sehari-hari untuk melihat efeknya.

Sebelum membeli sejumlah makanan yang terbebas dari gluten di pasar tradisional maupun modern agar terhindar dari sembelit dan sindrom iritasi usus, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.