Sukses

Terbukti, Gaya Hidup Sehat Jauhkan Wanita dari Serangan Jantung

Menjalani enam gaya hidup sehat berikut sejak perempuan usia muda bisa cegah hadirnya penyakit jantung di masa mendatang.

Liputan6.com, New York Tak perlu menunda jalani gaya hidup sehat. sebuah studi menunjukkan bahwa gaya hidup sehat bisa menjauhkan perempuan dari penyakit jantung serta penyakit lainnya.

Tak main-main, penelitian ini melibatkan 70.000 perempuan berusia 37 tahun selama 20 tahun. Para peneliti mencatat semua kasus penyakit jantung dan kematian yang terjadi selama masa studi setiap dua tahun. Enam aspek gaya hidup pun diperhatikan yaitu merokok, konsumsi alkohol, indeks massa tubuh, kebiasaan menonton TV dan pola makan.

"Kami ingin mengetahui apakah kasus penyakit jantung terkait dengan kebiasaan tidak sehat," terang peneliti  Indiana University School of Public Health-Bloomington, Andera Chomistek seperti dilansir Live Science, Rabu (7/1/2015).

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology ini, rata-rata perempuan memiliki penyakit jantung pada usai 50 tahun. Hal tersebut terjadi akibat gaya hidup tidak sehat.

Lalu bagaimana agar terhindar dari penyakit jantung? Cukup dengan melakukan gaya hidup sehat. Penelitian ini mendefinisikan enam gaya hidup sehat yaitu dengan dari tidak merokok, mengonsumsi tidak lebih dari satu gelas minuman beralkohol, indeks massa tubuh normal antara 18,5 hingga 24,9, menonton televisi kurang dari tujuh jam per minggu dan makan makanan kaya sayur,  biji, dan sedikit mengonsumsi gula dan daging merah.

Dengan menjalani hal tersebut, perempuan berisiko 92 persen terkena serangan jantung dan 66 persen lebih rendah terkena penyakit lain terkait penyakit jantung lainnya seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi.

"Perempuan harus memulai mengikuti gaya hidup sehat sejak sekarang. Apalagi bagi perempuan yang sudah minum obat terkait penyakit hipertensi dan kolesterol tinggi. Cukup dengan jalani gaya hidup sehat yang mudah ini bisa cegah hadirnya penyakit jantung di masa depan," terang Chomistek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

Video Terkini