Sukses

Kesamaan Indonesia dan Guinea, Debut Penuh Ambisi Berebut Tiket Olimpiade Paris

Play-off Indonesia vs Guinea akan dihelat di Stadion Pierre Pibarot, Prancis, pada Kamis, 9 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pada Kamis (2/5) di Doha, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan pasukan Irak dengan skor akhir 1-2. Meski sebelumnya Garuda Muda mampu unggul lebih dulu melalui gol gelandang Ivan Jenner pada menit ke-19, namun Irak dengan cepat membalas dan papan skor sudah imbang pada menit ke-27 setelah Zaid Tahseen membuat gol. Kemudian duel terus berlanjut hingga pada perpanjangan waktu, Irak kembali membuat gol kemenangan lewat Ali Jassim di menit 96.

Kekalahan dalam memperebutkan juara 3 Piala Asia U-23 2024 ini membuat tim Timnas Indonesia belum bisa mengamankan satu tiket untuk berlaga di olimpiade. Namun, tim asuhan Shin Tae Yong itu masih bisa berkesempatan tampil di cabor sepak bola Olimpiade Paris apabila dapat memenangi laga play-off melawan Timnas Guinea, wakil Afrika.

Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Pierre Pibarot, Prancis, pada Kamis, 9 Mei 2024. Sedangkan untuk waktunya belum ditentukan. Kedua negara ini sama-sama berstatus sebagai peringkat 4 pada turnamen regional masing-masing, Guinea di Piala Afrika U-23.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Guinea Bisa Disebut Garuda Muda Versi Afrika

Dilansir dari BolaSport, terdapat kesamaan yang menarik antara tim Indonesia dan Guinea untuk tiba di babak play-off kali ini. Sama seperti Indonesia yang merupakan debutan di Piala Asia U-23 2024, Guinea juga merupakan tim debutan di Piala Afrika U-23 2023. 

Baik Indonesia maupun Guinea, keduanya sama-sama mengejutkan sebab mampu memperoleh juara 4 di turnamen regional masing-masing. Jika Indonesia punya Shin Tae Yong, maka Guinea memiliki Morlaye Cisse yang berhasil membawa Guinea langsung lolos ke semifinal pada penampilan debut mereka.

Selain itu, keduanya juga sama-sama gagal memperebutkan posisi ke-3. Garuda Muda kalah dari Irak pada pertandingan tadi malam dengan skor 1-2, sedangkan Guinea kalah dari Mali dengan adu pinalti 0-0 (4-3).

Saat ini, kedua tim yang bernasib mirip ini akan memperebutkan tiket terakhir untuk bergabung dalam Olimpiade Paris 2024. Indonesia sebagai wakil dari Asia, sedangkan Guinea akan mewakili Afrika.

3 dari 3 halaman

Ranking FIFA Indonesia dan Guinea

Perlu diakui bahwa pada pertandingan play-off nanti, Guinea bukanlah tim yang dapat dianggap remeh begitu saja. Jika dilihat dari perbandingan rangking FIFA keduanya, Indonesia memiliki peringkat hampir dua kali di bawah Guinea.

Dilansir dari laman FIFA, saat ini peringkat FIFA Guinea adalah 76, sedangkan Indonesia berada di 134.

Selain itu, Guinea juga memiliki banyak pemain yang saat ini berumput di luar negeri, tepatnya di benua Eropa. Sejak awal April, Guinea memiliki 13 pemain abroad yang bermain untuk klub-klub di Eropa.

Kendati demikian, baik tim Indonesia maupun Guinea sama-sama belum pernah memiliki catatan penampilan di Piala Dunia. Namun, keduanya memiliki ambisi yang sama untuk memenangkan pintu terakhir menuju Olimpiade Paris 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.