Sukses

Tinggi Badan Bisa Menyusut Pada Malam Hari Itu Beneran!

Tenang, jangan heran karena perbedaan tinggi ini ternyata bukan hanya mitos.

Liputan6.com, Jakarta Sempat bingung karena tinggi badan berbeda saat diukur pagi dan malam? tenang, jangan heran karena perbedaan tinggi ini ternyata bukan hanya mitos.

Seperti yang dikatakan oleh para ahli di bidang teknologi pangan dan nutrisi, Nutrifood dalam buku berjudul 101 Mitos Kesehatan bahwa hal ini ternyata pernah diteliti para ahli kesehatan. Studi tersebut mengukur tinggi badan pada sore hari yang menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan pagi hari.

"Peneliti beranggapan, penyusutan tinggi badan itu terjadi karena batang tubuh (trunk) yang memendek sepanjang siang hari. Selain itu, sepanjang hari, tulang rawan (cartilage) diantara ruas tulang belakang memendek akibat pengaruh gravotasi dan aktivitas di siang hari," tulis laporan tersebut.

Kendati demikian, para ahli mengingatkan kalau penelitian ini dilakukan pada anak berusia 3-15 tahun dan tidak ditemukan kecenderungan yang sama pada orang dewasa.

"Setiap kali mengukur tinggi badan, lakukan di waktu yang sama (misalnya, setelah sarapan pada pukul 7 pagi) untuk menghindari kebingungan. Oh ya, peneliti juga mengungkapkan kalau kaki juga lebih panjang di sore hari sehingga belilah sepatu pada watu tertentu agar tidak kesempitan," ujar para ahli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini