Sukses

Cegah MERS-CoV, Menkes Nila Ingatkan Jemaah Haji Tidak Dekati Unta

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengingatkan jemaah haji 2019 saat nanti sudah berada di sana untuk tidak mendekati unta. Hal ini perlu dilakukan untuk menekan kemungkinan terserang virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang ditularkan dari unta.

“Nah dari kita (jemaah haji), saya mengimbau jangan dekat-dekat unta. Enggak usah foto sama unta,” tegas Nila.

Guna menekan kemungkinan terkena MERS-CoV, Nila juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi soal penekanan penyebaran virus tersebut.

“Kami sudah bicara dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan mereka mengerti, hal itu (virus MERS-CoV) tidak akan menyebar ke negera lain. Jadi, selama nanti pelaksanaan haji mereka akan memperhatikannya,” kata Nila di Gedung Kemenkes, Jakarta, dikutip dari rilis Sehat Negeriku, Jumat (14/6/2019).

 

 

 

2 dari 3 halaman

Belum Ada Vaksin MERS-Cov

Pencegahan terinfeksi virus MERS-CoV dengan tidak mendekati unta bakal lebih baik. Mengingat hingga saat ini belum ada vaksin penyakit tersebut. 

“Belum ada vaksinnya, virus ini gak gampang bikin vaksinnya, karena virus itu cepat berubah, percuma kita bikin vaksin tahu-tahu sudah berubah,” kata Nila.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading