Sukses

Kloter Terakhir Jemaah Haji Batam Tiba di Tanah Air

Tahun ini, embarkasi-debarkasi Hang Nadim Batam melayani jemaah haji dari Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji Debarkasi Hang Nadim, Batam tiba di Tanah Air pada Selasa, 25 September 2018 malam. Mereka langsung kembali ke kediaman masing-masing.

Menurut Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji Batam Syahbudi, dengan kedatangan kloter terakhir asal Kota Batam tersebut, maka Debarkasi Hang Nadim Batam sudah memulangkan 11.852 haji.

Tahun ini, embarkasi-debarkasi Hang Nadim Batam melayani jemaah haji dari Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

"Kloter 27 yang tiba tadi malam merupakan kloter terakhir pada penyelenggaraah ibadah haji tahun ini. Dari total jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 11.852 kembali ke tanah air sebanyak 11.823," ujar Syahbudi, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, berkurangnya jumlah jemaah karena ada yang meninggal dan ada juga masih berada di Tanah Suci untuk pengobatan.

Syahbudi merinci, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat), dari 5.039 orang jemaah haji Riau, yang pulang ke Tanah Air sebanyak 5.033 orang.

"Wafat di Tanah Suci sebanyak 6 orang dan wafat di Tanah Air, pascahaji sebanyak 2 orang," ucap Syahbudi.

Kemudian, lanjut dia, jemaah haji Kepri total berangkat 1.260 orang dan pulang 1.257 orang. Siskohat mencatat, dua orang meninggal dunia di Tanah Suci serta seorang masih sakit dan tinggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji Lain

Sementara itu, jemaah asal Provinsi Kalimantan Barat total berangkat 2.521 orang dan pulang 2.510 orang. Dari jumlah tersebut, yang wafat di Tanah Suci sebanyak 10 orang, serta seorang masih sakit dan tinggal di RSAS.

Dan Provinsi Jambi, total berangkat 2.897 orang, pulang 2.888 orang. Sebanyak tujuh jemaah wafat di Tanah Suci dan seorang sakit serta tinggal di RSAS 1 orang.

Sementara itu, sebanyak 378 orang jemah haji kloter 27 BTH tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5222.

Dalam laporannya, Ketua Kloter 27 Erman Zaruddin mengatakan, jumlah jemaah saat berangkat berjumlah 380 orang. Dua orang diantaranya tanazul awal ke kloter 08 BTH, sehingga saat kembali jemaah berjumlah 378 orang.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah di Tanah Suci relatif berjalan lancar tanpa kendala berarti.

"Alhamdulillah koordinasi dan kerja sama kami dengan ketua regu dan ketua rombongan dalam melayani jemaah berjalan dengan baik. Sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan aman dan lancar," jelas Erman.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH Debarkasi Haji Batam Erizal Abdulah mengingatkan agar jemaah terus mengecek kondisi kesehatannya.

"Bila dalam beberapa hari ke depan ada jemaah yang demam panas, maka diminta segera memeriksakan diri ke dokter dengan membawa kartu BPJS," tegas Erizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.