Sukses

Menag Lukman Bersyukur Fasilitas Wukuf Jemaah Calon Haji Jadi Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersyukur fasilitas wukuf untuk jemaah calon haji tahun ini lebih baik. Lukman pun sempat memeriksa sejumlah tenda sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah.

"Alhamdulillah tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya," ujar Lukman di Arafah.

Lukman mengapresiasi petugas dalam mempersiapkan kelengkapan fasilitas di Arafah, baik tenda-tenda jemaah calon haji maupun pos kesehatan.

"Untuk pos kesehatan tahun ini lantainya sudah menggunakan triplek yang dilapisi karpet plastik," ucapnya.

Akan tetapi, lanjut Lukman, tahun ini tenda jemaah calon haji tak menggunakan pendingin ruangan. Penyebabnya, kata dia, pasokan listrik di Arafah yang tak permanen.

"Sebaiknya tenda itu dibuka saja agar sirkulasi udaranya lebih baik. Tapi, tadi tenda masjid dan pos kesehatan lebih baik," kata dia.

Selain melihat tenda jemaah, Lukman juga menyempatkan diri untuk melihat dapur. Dia mengapresiasi persiapan dan pengepakan makan malam yang lebih cepat.

Lukman mengatakan, secara keseluruhan fasilitas yang tersedia sudah cukup baik. Bahkan, lalu lintas dari Mekah ke Arafah relatif lancar dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam.

"Satu jam itu normal menurut saya, karena biasanya bisa berjam-jam dari Makkah ke Arafah," jelas Lukman.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.