Sukses

Menag Lukman Sarungan saat Hadiri Silaturahmi NU

Di beberapa kesempatan selama di Makkah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku lebih nyaman memakai sarung.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memilih sarungan saat menghadiri Silaturahim NU se-Dunia pada Sabtu 18 Agustus 2018 di Aula Hotel Wihdah Tower kawasan Jarwal, Kota Makkah, Arab Saudi.

Berangkat dengan menaiki minibus dari Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah Al Mabrur di wilayah Syisyah, Makkah pukul 08.30 waktu Arab Saudi (WAS) atau 12.30 WIB, Lukman dan rombongan tiba pukul 09.00 WAS. Di beberapa kesempatan selama di Makkah, Lukman mengaku lebih nyaman memakai sarung.

"Saya biasa kenakan sarung batik, karena batik adalah kekayaan nusantara yang luar biasa. Kalau kita mendalami batik, tidak hanya ekspresi kebudayaan tapi juga terkandung nilai-nilai spiritualitas tinggi ketika seseorang membuat batik," ujar Lukman, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Senin (20/8/2018).

Sementara kopiah hitam yang juga dikenakannya, Lukman menyebut sebagai ciri nasionalisme yang ditegaskan Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

"Indonesia bisa dikenali dengan kopiahnya. Kita harus bangga menunjukkan keindonesiaan kita meski berada di negeri orang," ucapnya.

Acara silaturahim ini sekaligus juga sebagai ajang Madrasah Kader NU (MKNU). Kali ini mengangkat tema Islam Nusantara dari Nahdlatul Ulama untuk Dunia.

Hadir dalam kesempatan ini selain Lukman, Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, Habib Zein bin Smith, dan KH Kafabihi Makhrus Lirboyo.

Hadir pula KH Turmudzi dari Lombok Praya, Menristek Dikti, Mendiknas, Dubes RI untuk Arab Saudi, dan perwakilan 39 PCINU sedunia yang saat ini telah berada di Makkah.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.