Sukses

Menyambut Musim Semi, Meksiko Menggelar Equinox

Untuk menyambut datangnya musim semi tahun ini, warga Meksiko menggelar upacara ritual kuno yang disebut <I>Equinox</I>. Upacara ini dipercaya bisa mengusir roh jahat.

Liputan6.com, Meksiko City: Puluhan ribu warga Meksiko, Kamis (22/3) pagi, berbaur dalam upacara ritual kuno yang disebut Equinox. Upacara yang diselenggarakan di tempat bersejarah Teotihuacan ini adalah tradisi tahunan untuk menyambut datangnya musim semi tahun ini. Sedianya, musim semi itu akan jatuh pada 20 Maret, pukul 07.20 waktu setempat.

Biasanya, memang, Equinox jatuh pada tanggal 19 dan 21 Maret setiap tahunnya. Upacara ini dipercaya bisa mengalirkan energi positif serta mengusir roh jahat. Satu juta orang bisa berkumpul bila upacara digelar. Mereka datang dari dalam dan luar Meksiko. Banyak di antara pengunjung acara yang tiba satu hari sebelum berlangsungnya upacara. Mereka rela antre berjam-jam hanya untuk mencapai puncak piramida.

Tradisi Equinox ditandai dengan posisi matahari yang bersinar vertikal, tepat di atas bangunan Piramida Matahari. Masyarakat Meksiko percaya, bila piramida persis berada di bawah matahari, energi positif yang terhimpun mampu mengusir roh jahat, sehingga segala amarah dan kejenuhan serta merta hilang.(RSB/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.