Sukses

Alphorn, Alat Musik Tradisional Penduduk Pegunungan Alpen

Penduduk di Pegunungan Alpen yang mencakup Jerman, Austria, dan Swiss memiliki alat musik tradisional yang cukup khas, alphorn. Alat musik seperti terompet ini panjangnya mencapai empat meter.

Liputan6.com, Frankenhofen: Penduduk Pegunungan Alpen, khususnya di wilayah Frankenhofen, Jerman, ternyata memiliki alat musik tradisional berupa terompet panjang. Alat musik yang biasanya dibuat sepanjang empat meter ini mampu mengeluarkan suara merdu dan disebut alphorn.

Baru-baru ini, sebuah pertunjukan digelar untuk mempopulerkan Alphorn. Sebanyak 250 peniup alphorn secara rutin selalu berkumpul. Orang yang bekerja keras di balik upaya mempopulerkan alphorn di antaranya adalah Alfons Neumann. Ia sudah 20 tahun menekuni pembuatan alphorn.

Alphorn biasanya hanya dimainkan pada festival bir di Austria, Jerman dan Swiss. Hingga saat ini, pembuatan alat musik alphorn masih dilakukan dengan tangan. Alphorn terbuat dari kayu pohon cemara yang tumbuh di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Namun kini, metode pembuatan alphorn lebih disempurnakan. Jika sebelumnya alphorn terdiri dari dua bagian kini telah dibuat menjadi tiga bagian. Perubahan ini bertujuan untuk memudahkan penyimpanan serta pemindahan.(YYT/Ijx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini