Sukses

80 Lebih Delegasi Indonesia Siap Berangkat ke AS untuk SelectUSA Investment Summit 2024

Delegasi Indonesia tersebut terdiri dari perusahaan swasta dan BUMD, serta pejabat pemerintah Indonesia dari berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 80 delegasi dari Indonesia akan pergi ke Amerika Serikat untuk ikut serta dalam SelectUSA Investment Summit 2024. Program yang berlangsung dari 23 hingga 26 Juni di National Harbor, Maryland.

Delegasi Indonesia tersebut terdiri dari perusahaan swasta dan BUMD, serta pejabat pemerintah Indonesia dari berbagai daerah.

"Tahun ini, seiring dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara, kami juga menandai tonggak sejarah dengan bergabungnya 80 investor masa depan dari berbagai sektor dan wilayah di Indonesia dalam SelectUSA Investment Summit 2024. Jumlah ini melampaui partisipasi Indonesia sebelumnya sejak penyelenggaraan KTT pada 2014," kata pejabat Wakil Duta Besar Amerika Serikat Jason P. Rebholz, seperti tertuang dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (19/6/2024).

Rebholz mencatat bahwa representasi yang beragam menggarisbawahi meningkatnya minat dan kepercayaan diri para investor Indonesia untuk menjajaki peluang di Amerika Serikat.

SelectUSA merupakan suatu program pemerintah AS yang dipimpin oleh Departemen Perdagangan AS yang berfokus untuk memfasilitasi investasi bisnis yang menciptakan lapangan kerja ke Amerika Serikat dan meningkatkan kesadaran akan peran penting kemitraan internasional dalam menciptakan kemakmuran ekonomi secara luas.

SelectUSA Investment Summit yang digelar setiap tahun ini berfungsi sebagai platform utama untuk mendorong investasi langsung ke Amerika Serikat, memperkuat keterlibatan ekonomi, dan mempererat hubungan antarindividu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merupakan Acara Resmi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Setiap tahun, SelectUSA Investment Summit mempertemukan ribuan investor dari seluruh dunia, memberikan mereka wawasan, sumber daya, dan kesempatan berjejaring yang berharga dengan pejabat pembangunan ekonomi dari negara bagian dan teritori Amerika Serikat untuk memfasilitasi keputusan investasi di Amerika Serikat.

Keputusan investasi yang dimaksud berupa insentif investasi, manfaat pajak, pilihan pemilihan lokasi, dan klaster industri yang disesuaikan dengan minat dan tujuan tertentu.

Para peserta juga dapat berinteraksi dengan pejabat pemerintah di berbagai tingkatan, termasuk perwakilan lokal, negara bagian, dan federal. Pejabat-pejabat tersebut memiliki peran krusial dalam memfasilitasi kesepakatan investasi serta memastikan terciptanya lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

SelectUSA Investment Summit merupakan acara penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan membina kemitraan internasional yang bermanfaat bagi ekonomi AS dan investor Indonesia, untuk mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

3 dari 4 halaman

Siapa Saja yang Bisa Daftar?

Sejak awal, SelectUSA Investment Summit telah menarik ribuan perusahaan internasional dan perwakilan pengembangan ekonomi, menghasilkan lebih dari $110 miliar atau setara dengan Rp1,8 triliun dalam proyek investasi baru yang mendukung lebih dari 85.000 pekerjaan di seluruh Amerika Serikat dan wilayahnya.

Melansir dari laman selectusasummit.us, SelectUSA Investment Summit sebelumnya mencatat jumlah peserta yang memecahkan rekor dengan lebih dari 4.900 peserta, termasuk perwakilan EDO (Economic Development Organization) dari 55 negara bagian dan wilayah AS serta lebih dari 2.300 investor bisnis dari 83 pasar internasional.

Siapa saja bisa mendaftar, tetapi kelompok-kelompok yang paling diuntungkan dari menghadiri acara ini adalah;

  • Yang mencari untuk mendirikan atau memperluas operasi di Amerika Serikat.
  • Perwakilan dari organisasi pengembangan ekonomi AS dan pemerintah negara bagian serta lokal AS yang ingin menarik investasi bisnis.
  • Penasihat bisnis, penyedia layanan, perusahaan, kamar dagang, dan asosiasi yang memfasilitasi FDI (Foreign Direct Investment) ke Amerika Serikat.
4 dari 4 halaman

Keuntungan Ikut serta di SelectUSA Investment Summit

Peluang cukup berlimpah di setiap sudut SelectUSA Investment Summit. Di samping sesi pleno, diskusi santai, panel, sesi akademi, sesi pitching, dan program dalam agenda tradisional, peserta dapat mengharapkan untuk;

  • Menjelajahi ruang pameran yang menampilkan ratusan EDO, penyedia layanan, pakar industri, dan startup teknologi internasional.
  • Terhubung dengan perwakilan dari lebih dari 50 negara bagian dan wilayah, perusahaan dari lebih dari 80 pasar, pakar industri, dan pejabat pemerintah untuk mewujudkan kesepakatan investasi Anda.
  • Mengumpulkan saran dan informasi dari pakar kebijakan dan industri dalam lebih dari 100 sesi yang menyediakan instruksi praktis tentang segala hal mulai dari pengembangan tenaga kerja hingga memahami insentif.
  • Membentuk kemitraan berharga dengan mitra industri dari seluruh Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini