Sukses

Update Protes Pro-Palestina di Kampus AS: Pendukung Israel Bersenjata Tongkat Serang UCLA hingga Polisi Tangkap 300 Orang di New York

Pendukung Israel menyerang kamp pro-Palestina di kampus UCLA di Los Angeles, AS. Begini ceritanya.

Liputan6.com, Los Angeles - Pendukung Israel menyerang kamp protes pro-Palestina di University of California (Universitas California) di Los Angeles AS atau UCLA pada Rabu (1 Mei 2024), beberapa jam setelah polisi New York City menangkap sekitar 300 pengunjuk rasa --ketika ketegangan yang meningkat di beberapa kampus AS berhari-hari memuncak.

Video saksi mata dari UCLA, yang diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan orang-orang yang menggunakan tongkat atau tiang untuk memukul papan kayu digunakan sebagai barikade darurat untuk melindungi pengunjuk rasa pro-Palestina sebelum polisi dikerahkan ke kampus.

Di sisi lain negara tersebut, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (2/5/2024), polisi New York menangkap demonstran protes pro-Palestina di Universitas Columbia dan membubarkan kamp protes yang telah berlangsung dua minggu dan telah menginspirasi protes serupa di kampus-kampus di seluruh AS dan di luar negeri.

Penangkapan di Columbia dan City College of New York di dekatnya berjumlah sekitar 300 orang, kata Wali Kota Eric Adams. Banyak dari mereka didakwa melakukan pelanggaran dan kejahatan kriminal.

Bentrokan di UCLA dan New York adalah bagian dari aktivisme mahasiswa AS yang terbesar sejak demonstrasi dan demonstrasi anti-rasisme pada tahun 2020. Protes tersebut dipicu oleh serangan pada 7 Oktober di Israel selatan oleh militan Hamas dari Jalur Gaza dan Israel. setelah serangan Israel di daerah kantong Palestina.

Para pelajar telah berunjuk rasa atau mendirikan tenda di puluhan sekolah di seluruh AS dalam beberapa hari terakhir, menyatakan penolakan mereka terhadap perang Israel di Gaza dan menuntut agar sekolah-sekolah tersebut divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah Israel. Banyak sekolah telah memanggil polisi untuk meredam protes.

Menjelang pemilihan presiden pada bulan November, anggota parlemen dari Partai Republik menuduh beberapa administrator universitas mengabaikan retorika dan pelecehan antisemit, dan beberapa di antaranya menuntut agar presiden Kolombia mengundurkan diri. Banyak pengunjuk rasa, beberapa di antaranya adalah orang Yahudi, menolak tuduhan antisemitisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Demonstran Tandingan Bertopeng, Serang Kelompok Pro-Palestina

Pejabat UCLA menyatakan pada hari Selasa (30/4) bahwa perkemahan tersebut melanggar hukum, melanggar kebijakan universitas dan melibatkan orang-orang yang tidak terafiliasi dengan kampus.

Rekaman yang diambil pada dini hari menunjukkan para demonstran tandingan, banyak dari mereka bertopeng dan beberapa tampaknya lebih tua dari pelajar, melemparkan benda-benda dan mencoba menghancurkan atau merobohkan penghalang kayu dan baja yang didirikan untuk melindungi perkemahan.

Beberapa orang meneriakkan komentar-komentar pro-Yahudi ketika pengunjuk rasa pro-Palestina mencoba melawan mereka.

"Mereka datang ke sini dan menyerang kami dengan kejam," kata Kaia Shah, seorang pengunjuk rasa pro-Palestina, seorang peneliti di UCLA. "Saya hanya tidak berpikir mereka akan sampai pada titik ini, meningkat ke tingkat ini, di mana protes kami ditanggapi oleh para pengunjuk rasa tandingan yang dengan kejam menyakiti kami, menyakiti kami, padahal kami tidak melakukan apa pun terhadap mereka."

Demonstran di kedua sisi menggunakan semprotan merica, dan perkelahian pun terjadi; Demonstran pro-Palestina mengatakan para pengunjuk rasa tandingan melemparkan kembang api ke arah mereka dan memukuli mereka dengan tongkat dan stik.

 

3 dari 4 halaman

Upaya Damai Berubah Jadi Kekerasan yang Melibatkan Polisi

Benjamin Kersten, seorang mahasiswa pascasarjana UCLA dan anggota Jewish Voice for Peace, menyebutnya sebagai "malam kekerasan yang menghancurkan".

"Perkemahan ini akan menjadi upaya damai jika tidak ada kehadiran pengunjuk rasa dan agitator yang terus-menerus,” tulisnya melalui pesan teks. "Sementara Kongres mengadakan lebih banyak dengar pendapat mengenai apakah mahasiswa Yahudi merasa cukup aman di kampus, mahasiswa Yahudi termasuk di antara mereka yang bertahan dari serangan pengunjuk rasa Zionis.""

Polisi mengatakan UCLA meminta mereka untuk memulihkan ketertiban dan menjaga keamanan publik "karena berbagai tindakan kekerasan" di dalam perkemahan. Rekaman siaran kemudian menunjukkan polisi membersihkan lapangan tengah di samping perkemahan dan memasang penghalang kerumunan dari logam di depannya.

Suasana lebih tenang pada hari Rabu (1/4). Ratusan polisi dan mobil patroli berada di kampus dan berjajar di sekelilingnya. Tidak jelas berapa banyak penangkapan yang dilakukan atau jumlah orang yang terluka.

4 dari 4 halaman

Kisah Ketika Galon Air Jadi Simbol Perlawanan Demonstran Pro-Palestina di Kampus AS

Sementara itu, gara-gara seorang demonstran pro-Palestina menggunakan galon untuk membela diri dari petugas. Kini gambar tersebut menjadi meme pergerakan tersebut.

Ketika mahasiswa di seluruh AS menuntut para administrator untuk melakukan divestasi dari Israel dan mendukung kebebasan Palestina, adegan penangkapan brutal telah menyebar di media sosial. Namun belakangan ini, meme yang lebih lucu muncul: galon air sebagai ikon perlawanan.

Pekan lalu, mahasiswa di California State Polytechnic University, Humboldt, mengurung diri di dalam gedung kampus setelah polisi datang ke lokasi protes dengan perlengkapan antihuru-hara. Situasi menjadi tegang: ketika para mahasiswa menjaga barisan melawan polisi, yang memukul mereka dengan tongkat, seorang pengunjuk rasa yang tidak disebutkan namanya memutuskan untuk melawan, memukul helm polisi dengan galon yang awalnya digunakan sebagai drum.

Keberadaan galon di tengah perlawanan para pendemo dan petugas dengan cepat memicu meme. Salah satu kelompok aktivis Pro-Palestina memposting sebuah mock-up di Instagram yang menunjukkan mahasiswa Universitas Columbia dari pendudukan anti-perang tahun 1968 menyerahkan galon kepada pengunjuk rasa Cal Poly Humboldt saat ini. Di Portland, para aktivis saling memberi gelar kebangsawanan dengan galon air kosong.

Owen Carry, associate editor di Know Your Meme, sebuah situs web yang mendokumentasikan fenomena online, mengatakan dia melihat slogan seperti “jug of justice” dan “bonk the Police”. Dalam salah satu editan Photoshop, seorang desainer mengubah foto Malcolm X yang memandang ke luar jendela sambil memegang senapan mesin untuk menggambarkan ikon hak-hak sipil yang sedang memegang galon air.

Ketika Arizona State University menyalakan alat penyiram rumput dalam upaya membubarkan protes pro-Palestina, seorang mahasiswa meletakkan galon air di atas keran.

“Pengguna internet sudah memperhatikan penggunaan yang direplikasi di kehidupan nyata, dan menyebutnya sebagai 'ikon revolusioner', yang selanjutnya menyiratkan kemungkinan dampak jangka panjang dari galon air tersebut," kata Carry.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.