Sukses

Rayakan Hari Jazz Sedunia, Kedubes AS Gandeng Musisi Nesia Ardi dan Drew Tucker and The New Standard

Kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia sekaligus merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dan mempromosikan kolaborasi kebudayaan antara AS dan Indonesia melalui musik Jazz.

Liputan6.com, Jakarta - Guna mempromosikan kolaborasi kebudayaan antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara, serta merayakan Hari Jazz Internasional pada tanggal 30 April, Kedutaan Besar AS di Indonesia mengundang sebuah band jazz asal Florida, Drew Tucker and The New Standard yang berkolaborasi dengan artis asal Indonesia, Nesia Ardi

"Untuk merayakan ulang tahun ke-75 dan hari jazz Internasional kami mengundang Drew Tucker and New Standard yang merupakan contoh luar biasa dari jazz yang merupakan musik asli Amerika, karena tidak ada cara yang lebih baik untuk merayakannya, selain melalui musik," jelas Emily Norris, Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dalam acara International Jazz Day Celebration: Drew Tucker and the New Standard di @america,  Selasa (30/4/2024).

Program ini menegaskan dukungan pemerintah AS terhadap ekonomi kreatif Indonesia dan penguatan jaringan dalam industri musik

Inisiatif ini  juga menggarisbawahi komitmen Kedutaan Besar AS untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dan menggemakan tema perayaan ulang tahun ke-75: Keberagaman, Demokrasi, Kemakmuran.

"Amerika Serikat dan Indonesia memiliki tradisi nilai-nilai bersama yang sudah lama ada, sebagaimana tercermin dalam semboyan masing-masing negara, E Pluribus Unum dan Bhinneka Tunggal Ika" kata Juru Bicara Kedutaan Besar Michael Quinlan. "Program pertukaran seperti ini membuka pintu bagi dialog dan pembelajaran bersama, dan musik memberikan kesempatan luar biasa untuk berkomunikasi."

Menggunakan alat musik Vibraphone dan Tuba, band asal Florida itu menggabungkan unsur budaya Amerika dan Indonesia dalam penampilannya

"Menyatukan perbedaan latar belakang dan budaya, serta bekerja sama dengan Nesia, artis dengan talenta luar biasa yang memberikan kami kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan kami tentang musik Jazz di Indonesia, dan membawanya ke Amerika," jelas Drew Tucker, sang ketua band.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musik sebagai Pemersatu Budaya dan Simbol Kebebasan

Mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati dan bahkan meningkatkan konsentrasi, musik juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan dan emosi yang sulit diungkapkan seseorang menggunakan kata-kata.

Setiap orang memiliki genre musik favorit yang berbeda-beda sesuai dengan selera mereka masing-masing. 

Di antara berbagai kelompok dan budaya yang berbeda. Musik memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dari berbagai latar belakang dan memperkuat rasa persatuan satu sama lain.

"Musik adalah bahasa yang kita semua gunakan dan itu adalah cara agar kita dapat berkomunikasi dengan seluruh dunia, apa pun bahasa yang mereka gunakan," jelas Drew Tucker.

"Merayakan kekuatan musik untuk berbicara lebih dari sekadar bahasa, lebih dari sekadar isu dan gagasan untuk menghubungkan orang-orang,” tambah Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat Emily Norris.

Selain itu, kebebasan berekspresi adalah salah satu hal yang membuat musik begitu kuat dan bermakna bagi banyak orang. Musik memberikan ruang bagi setiap individu untuk mengekspresikan diri mereka sendiri tanpa ada batasan.

"Musik Jazz adalah kebebasan, bisa mengekspresikan diri melalui seni adalah hal yang berharga bagi saya", kata musisi jazz Indonesia, Nesia menjelaskan kebebasan yang ia dapatkan melalui musik.

 

 

3 dari 4 halaman

Menjadi Musisi dan Berdampak Bagi Komunitas Lokal

Dalam era digital yang dipenuhi dengan media sosial, seringkali terjadi dorongan untuk menjadi viral dan dikenal di seluruh dunia. Namun, dalam proses mencari ketenaran tersebut, kita dapat kehilangan fokus terhadap dampak yang sebenarnya dapat kita buat di komunitas lokal kita.

"Dan tujuannya mungkin untuk menjadi viral, tapi terkadang kita lupa betapa pentingnya membuat dampak di komunitas kita,” jelas Drew Tucker.

Menurut Tucker, berdampak di komunitas lokal itu penting. Langkah awal untuk menciptakan perubahan yang nyata dan pertumbuhan yang berkelanjutan dimulai dari lingkungan sekitar kita.

Drew Tucker menurutkan, melalui musik dan performa, seseorang dapat membangun hubungan yang kuat dengan komunitas sekitarnya, membangun dukungan dari keluarga, teman-teman, dan orang-orang terdekat. "Itulah cara kami terhubung dan itulah cara kami terus tumbuh dan memberikan dampak, " tambahnya.

Tucker juga memberi pesan bagi orang-orang yang memiliki Impian untuk menjadi musisi atau seniman agar selalu mengejar keinginan mereka tanpa ragu, meskipun ada orang yang meragukan pilihan karir mereka.

"Karena yang dibutuhkan dunia sebenarnya adalah orang-orang yang penuh semangat untuk menjalani hari-hari dengan penuh dedikasi," jelas Tucker.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Musik Jazz dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang sudah terkenal dimana-mana termasuk di Indonesia.

Tidak sedikit yang menggemari dan menjadi penikmat musik jazz di Indonesia. Alunan yang merdu dengan beat yang mengalir tentunya membuat telinga penikmat musik jazz serasa melayang.

Secara garis besar, jazz adalah musik yang di dalamnya terdapat sebuah ritme yang memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu. Biasanya musik jazz dimainkan dengan berbagai gabungan instrumen alat musik yang tidak umum seperti terompet, piano, dan gitar.

Ciri-ciri musik jazz bisa dibagi ke dalam 5 hal, yaitu:

Improvisasi

Ciri-ciri musik jazz yang paling utama mungkin adalah improvisasi. Bahkan, biasanya jarang seorang musisi jazz memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama berulang-ulang kali. Hal ini terkait dengan kebiasaan improvisasi dalam musik jazz. Jazz bisa dimainkan secara solo, duet maupun dalam skala besar.

Penggunaan Instrumen

Ciri-ciri musik jazz tentunya memiliki perbedaan dengan genre musik lainnya. Secara umum, ciri ciri musik jazz adalah menggunakan instrument khusus jazz yang lazim digunakan seperti terompet, piano, bass, saksofon, gitar, drum, serta biola. Seiring berjalannya waktu, jazz pun berkembang sangat pesat.

Sinkopasi

Selanjutnya, ciri-ciri musik jazz adalah memiliki nada dengan tempo yang tinggi atau sinkopasi. Nada yang dihasilkan dari musik jazz akan senantiasa membuat para pendengarnya gatal untuk menggerekkan kaki dan menari.

Blue Note

Ciri-ciri musik jazz berikutnya adalah Blue Note, atau bisa dibilang mirip dengan nada musik blues. Hal ini diakibatkan karena musik jazz memang terbentuk awalnya dari genre musik blues.

Swing

Irama yang membuat kaki ingin bergerak dan menari adalah salah satu ciri-ciri musik jazz. Hal ini disebut juga dengan swing atau irama mendayu yang sangat enak didengar, apalagi bagi pecinta musik jazz itu sendiri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.