Sukses

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Ucapkan Selamat Idul Fitri, Serukan Kemakmuran Bagi Dunia Islam

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada hari Selasa 9 April 2024 mengirim pesan ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam atas Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Riyadh - Raja Arab Saudi dan putra mahkota mengucapkan selamat Idul Fitri untuk para pemimpin negara-negara Muslim.

Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada hari Selasa 9 April 2024 mengirim pesan ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam atas Hari Raya Idul Fitri.

Pesan-pesan tersebut dikirim "berdasarkan keinginan" para pemimpin untuk "berkomunikasi setiap tahun dengan para pemimpin negara-negara Islam pada hari raya yang diberkahi ini," Saudi Press Agency (SPA) melaporkan seperti dikutip dari Arab News, Kamis (11/4/2024).

Dalam pesannya, Raja Salman dan putra mahkota menyerukan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran lebih lanjut bagi dunia Islam.

Kepemimpinan Saudi juga menerima pesan dari para kepala negara Islam yang menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Putra mahkota Saudi juga bertukar ucapan Idul Fitri dengan penguasa Bahrain dan Kuwait.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman juga diketahui menerima panggilan telepon pada hari Rabu (10/4) dari Raja Hamad dari Bahrain dan emir Kuwait, Sheikh Mishaal Al-Ahmed Al-Jaber Al-Sabah, di mana ia bertukar ucapan selamat Idul Fitri dengan mereka, Saudi Press Agency (SPA)melaporkan.

Idul Fitri, yang dimulai pada hari Rabu (10/4) dan menandai akhir bulan suci Ramadhan, adalah perayaan Idul Fitri yang lebih kecil dari dua perayaan hari raya umat Islam setiap tahunnya, satu lainnya adalah Idul Adha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden Ucapkan Selamat Idul Fitri, Soroti Kesengsaraan Umat Muslim di Gaza dan Sudan

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat Idul Fitri bagi umat muslim, sambil menyorot kesengsaraan yang dialami masyarakat di Sudan dan Gaza. 

"Saat keluarga dan komunitas Muslim berkumpul untuk merayakan Idul Fitri, mereka juga merenungkan penderitaan yang dirasakan banyak orang," katanya dalam unggahan di akun Instagram resmi @POTUS

"Pikiran saya tertuju pada mereka yang berada di seluruh dunia yang mengalami konflik, kelaparan, dan pengungsian, termasuk di tempat-tempat seperti Gaza dan Sudan," lanjut pernyataan dia.

Biden pun mendorong agar masyarakat dunia kembali mengutamakan perdamaian dan keselamatan secara global.

"Sekarang adalah waktunya untuk berkomitmen kembali pada upaya membangun perdamaian dan membela martabat semua orang," tutup pertanyaan dia. 

 

3 dari 4 halaman

Menlu AS Antony Blinken Juga Ucapkan Selamat Idul Fitri

Selain Biden, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengucapkan selamat Idul Fitri bagi masyarakat muslim dan menyorot penderitaan masyarakat di Gaza hingga Sudan. 

"Menjelang akhir bulan suci Ramadan, saya ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada komunitas Muslim di mana pun Anda berada dan turut serta dalam harapan akan terwujudnya dunia yang lebih aman dan damai," katanya dalam pernyataan resmi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta. 

"Pikiran kami tertuju pada penderitaan warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat, warga sipil di Suriah, perempuan yang menderita di bawah pemerintahan Taliban di Afghanistan, warga Uighur di Republik Rakyat Cina, warga Rohingya di Burma dan Bangladesh, dan banyak lagi lainnya," lanjut pernyataan tersebut. 

Blinken juga menyampaikan harapannya agar perayaan Idul Fitri tahun ini bisa membawa kebebasan dan kedamaian. 

"Saya berharap Idul Fitri tahun ini bisa menandai momen menuju masa depan yang lebih penuh harapan, kebebasan, dan damai. Amerika Serikat berkomitmen untuk membela hak asasi manusia di seluruh dunia, memberikan bantuan kemanusiaan bagi mereka yang sangat membutuhkan, dan berupaya mewujudkan perdamaian, martabat, dan keselamatan yang langgeng bagi semua komunitas," lanjut dia. 

4 dari 4 halaman

Dubes Australia Penny Williams Ucapkan Selamat Idul Fitri untuk Masyarakat Indonesia

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams juga menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Ia berharap agar semakin terciptanya kerja sama dan hubungan yang lebih erat antar kedua negara.

 "Assalamualaikum, Kepada seluruh umat Islam di Indonesia, saya mengucapkan selamat Idul Fitri," kata Dubes Penny Williams lewat akun Instagram @kedubesaustralia, Rabu (10/4/2024).

"Di hari yang penuh berkah ini, mari perkuat silaturahmi dan kerja sama untuk hubungan yang lebih erat."

"Selamat merayakan Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

Klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.