Sukses

Ekuador Dikecam Pasca Menyerbu Masuk ke Kedubes Meksiko

Pasca penggerebekan kedubesnya di Quito, Meksiko menyatakan pemutusan hubungan diplomatik dengan Ekuador.

Liputan6.com, Mexico City - Kecaman global terhadap pemerintah Ekuador atas keputusannya membobol Kedutaan Besar Meksiko semakin meningkat pada hari Minggu (7/4/2024). Ada semakin banyak presiden serta pemimpin lainnya yang menyatakan ketidaksetujuan, keterkejutan, dan kekecewaan mereka.

Kritik muncul ketika duta besar Meksiko dan personel lainnya tiba di Mexico City pada Minggu sore setelah meninggalkan ibu kota Ekuador, Quito, dengan penerbangan komersial. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador memutuskan hubungan diplomatik dengan Ekuador segera setelah serangan pada Jumat (5/4), yang oleh para ahli hukum internasional, presiden, dan diplomat dianggap sebagai pelanggaran terhadap perjanjian internasional yang telah lama ada.

Menteri Luar Negeri Meksiko Alicia Barcena berterima kasih kepada para diplomat negaranya yang kembali, menyebut mereka telah membela kedutaan di Quito sekalipun dengan risiko.

"Bahkan diktator Pinochet pun tidak berani memasuki Kedutaan Meksiko di Chile," katanya pada hari Minggu, merujuk pada mendiang diktator Augusto Pinochet, seperti dilansir AP, Senin (8/4).

"Mereka masuk dengan kekerasan dan tanpa izin, menyerang secara fisik (diplomat). Kami dengan penuh semangat mengutuknya."

Polisi Ekuador menerobos pintu luar Kedutaan Meksiko untuk menangkap Jorge Glas, mantan wakil presiden yang tinggal di sana sejak Desember. Dia mencari suaka setelah didakwa atas tuduhan korupsi.

Barcena mengatakan Meksiko berencana membawa penggerebekan tersebut ke Mahkamah Internasional di Den Haag. Dia menambahkan 18 negara di Amerika Latin, 20 di Eropa dan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) telah menyatakan dukungannya terhadap Meksiko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Spanyol hingga AS

Kementerian Luar Negeri Spanyol dalam pernyataan pada hari Minggu mengatakan, "Masuknya secara paksa ke Kedutaan Besar Meksiko di Quito merupakan pelanggaran terhadap Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961. Kami menyerukan penghormatan terhadap hukum internasional dan keharmonisan antara Meksiko dan Ekuador, negara saudara Spanyol dan anggota komunitas Ibero-Amerika."

Sehari sebelumnya, OAS mengingatkan para anggotanya, termasuk Ekuador dan Meksiko, akan kewajiban mereka untuk tidak menggunakan norma-norma hukum domestik untuk membenarkan ketidakpatuhan terhadap kewajiban internasional mereka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller menegaskan AS mengutuk setiap pelanggaran terhadap Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik dan menganggap serius kewajiban negara tuan rumah berdasarkan hukum internasional untuk menghormati misi diplomatik yang tidak dapat diganggu gugat. Dia meminta kedua negara menyelesaikan perbedaan mereka.

Berdasarkan Konvensi Wina bangunan diplomatik dianggap sebagai tanah asing dan tidak dapat diganggu gugat dan lembaga penegak hukum negara tuan rumah tidak diperbolehkan masuk tanpa izin duta besar. Orang-orang yang mencari suaka telah tinggal selama berhari-hari hingga bertahun-tahun di kedutaan besar di seluruh dunia, termasuk Kedutaan Besar Ekuador di London, yang menampung pendiri WikiLeaks Julian Assange selama tujuh tahun, di mana polisi Inggris tidak dapat masuk untuk menangkapnya.

Glas pada hari Sabtu (6/4) dibawa dari kantor jaksa agung di Quito ke kota pelabuhan Guayaquil, di mana dia ditempatkan di penjara dengan keamanan maksimum.

Pengacara Glas, Sonia Vera, mengatakan kepada AP bahwa petugas masuk ke kamarnya di Kedutaan Meksiko dan dia melawan ketika mereka berusaha meletakkan tangannya di belakang punggungnya. Dia mengatakan petugas kemudian menjatuhkannya ke lantai, menendang kepala, tulang belakang, kaki, tangan, dan ketika dia tidak bisa berjalan, mereka menyeretnya keluar.

Vera pada hari Minggu mengatakan tim pembela tidak diizinkan untuk berbicara dengan Glas sejak penangkapannya.

Pihak berwenang sedang menyelidiki Glas atas dugaan penyimpangan selama upaya rekonstruksi pasca gempa dahsyat pada tahun 2016 yang menewaskan ratusan orang. Dia sebelumnya divonis bersalah atas dua kasus suap dan korupsi yang berbeda.

3 dari 3 halaman

Alasan Ekuador

Presiden Ekuador Daniel Noboa belum berbicara secara terbuka tentang penggerebekan itu hingga hari Minggu. Pada hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Ekuador Gabriela Sommerfeld mengatakan bahwa keputusan untuk memasuki kedutaan dibuat oleh Noboa setelah mempertimbangkan risiko penerbangan Glas dan menghabiskan semua kemungkinan untuk dialog diplomatik dengan Meksiko.

Meksiko memberikan suaka kepada Glas beberapa jam sebelum penggerebekan. Sommerfeld menyebutkan adalah tidak sah memberikan suaka kepada orang-orang yang dihukum karena kejahatan biasa dan oleh pengadilan yang kompeten.

Noboa menjadi presiden Ekuador tahun lalu saat Ekuador memerangi kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait dengan perdagangan narkoba. Dia menyatakan negara tersebut berada dalam konflik bersenjata internal pada Januari dan menetapkan 20 geng penyelundup narkoba sebagai kelompok teroris yang memiliki izin untuk "dinetralisir" oleh militer dalam batas-batas hukum kemanusiaan internasional.

Masa jabatan Noboa akan berakhir pada tahun 2025 karena dia hanya terpilih untuk mengakhiri masa jabatan mantan Presiden Guillermo Lasso.

Direktur Observatorium Hukum dan Keadilan independen di Ekuador dan seorang profesor hukum di Universitas Internasional Ekuador Maria Dolores Mino mengatakan penggerebekan itu tidak hanya "sangat memalukan" bagi Ekuador, namun juga membuka kemungkinan dampak yang serius.

"Cakupan sanksi politik dan dampaknya tidak boleh diremehkan," kata Mino.

Dia menambahkan, "Meskipun proses yang akan dimulai oleh Meksiko di hadapan Mahkamah Internasional memakan waktu akan tiba saatnya kita dijatuhi hukuman tersebut, yang akan mencakup reparasi ekonomi yang harus dibayar dengan uang rakyat Ekuador."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.