Sukses

Viral, Restoran di Meksiko Jual Semangkuk Kaldu Daging Tikus Seharga Rp28 Ribu Seporsi

Warga setempat meyakini bahwa daging tikus memiliki khasiat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Mexico City - Makanan eksotis atau kuliner ekstrem rupanya dapat ditemukan di berbagai negara dengan versinya masing-masing. Salah satunya di Pasar Mercado Republica de San Luis Potosi, Meksiko, yang menjual olahan daging tikus.

Bagi kebanyakan orang, daging tikus merupakan jenis hewani yang tidak akan dimasak atau dikonsumsi. Namun di wilayah San Luis Potosi, daging tikus telah menjadi olahan umum yang memiliki rasa eksotis dan diduga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah kios yang menjual olahan daging tikus perlahan mulai menghilang. Kini, hanya tersisa satu kios di pasar tersebut yang masih menjual kaldu tikus mentah, yang dimasak dengan berbagai macam sayuran dan rempah-rempah.

Dilansir Oddity Central, Minggu (28/4/2024), pemilik kios tersebut adalah Jose Remedios Hernandez, juga dikenal sebagai Camilo, yang mewarisi bisnis makanan ekstrem milik ibunya yang telah meninggal dunia.

Setiap mangkuk kaldu tikus, yang juga berisi seekor tikus utuh, dijual dengan harga 100 peso atau sekitar Rp28 ribu. Selain menu matang, Camilo juga menjual kaldu tikus mentah seharga 90 peso atau sekitar Rp25 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertahankan Bisnis Keluarga

Camilo mengenang bahwa sebelumnya, ada puluhan pejual daging tikus di pasar tersebut, namun semuanya sudah pensiun atau meninggal dan menyisakan kiosnya sendiri.

Meski begitu, ia tidak berniat untuk menutup bisnis keluarganya itu. Bagaimanapun, kios tersebut telah beroperasi selama 52 tahun, dan dia berencana untuk mempertahankannya selama mungkin.

Semua tikus yang digunakan di kios Camilo ditangkap di pedesaan sekitar komunitas dan kota di sekitar San Luis Potosí. Ia juga meyakini bahwa hewan pengerat tersebut memiliki nilai gizi sangat tinggi dan bermanfaat bagi penderita anemia, diabetes, kanker, hingga membantu memperkuat tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

 

3 dari 3 halaman

Kuliner Ekstrem Indonesia

Rupanya, Indonesia juga memiliki ragam kuliner ekstrem yang dijual di beberapa daerah. 

Tak hanya unik, beberapa jenis makanan ekstrem ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Dilansir kanal Regional Liputan6.com, berikut adalah daftar makanan ekstrem Indonesia:

1. Belalang Goreng

Belalang goreng merupakan salah satu makanan ekstrem yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kebiasaan mengonsumsi belalang goreng sudah dilakukan masyarakat Gunungkidul sejak lama.

Namun, saat ini banyak masyarakat di luar Gunungkidul yang menyukai makanan ini. Disebutkan, makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Selengkapnya di sini.. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.