Sukses

Intip Cara Meksiko Merayakan Hari Bumi

Minta maaf dan berterima kasih adalah bagian dari perayaan Hari Bumi di Meksiko.

Liputan6.com, Mexico City - Untuk merayakan Hari Bumi, sejumlah kelompok yang berdedikasi untuk melestarikan budaya mereka, melakukan persembahan kepada Ibu Bumi di Mexico City, Meksiko, pada Minggu (21/4/2024).

Hari Bumi diperingati setiap tahun pada 22 April. Kampanye global tahun ini berfokus pada penghentian penggunaan plastik.

Upacara hari Minggu di Mexico City dimulai dengan tarian Tlaloc, Dewa Hujan.

Asuncion Cayetano Lopez, seorang peserta upacara, mengatakan penting untuk meminta maaf kepada Ibu Bumi karena manusia sejauh ini mengabaikan dan mencemari Bumi.

"Sebagian dari kami datang untuk berterima kasih dan meminta maaf atas apa yang kita semua, umat manusia, lakukan," katanya seperti dilansir VOA Indonesia.

Peserta lain, Luis Javier Aguilar, mengaku telah berpartisipasi dalam upacara tersebut sejak 1996.

"Upacara ini adalah tentang berterima kasih kepada Bumi atas semua yang diberikan kepada kita. Dan yang terpenting, meminta Bumi untuk terus memberi dan menjaga kita," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye Pengurangan Produksi Plastik

Program Lingkungan PBB (UNEP) melaporkan bahwa manusia menghasilkan 400 juta ton sampah plastik setiap tahun.

Untuk itu, "Planet Vs Plastic" atau Planet (Bumi) Melawan Plastik, menjadi tema Hari Bumi tahun ini guna mendorong pengurangan produksi plastik sampai sebanyak 60 persen pada 2040.

UNEP juga menyebutkan bahwa satu juta botol plastik dibeli setiap menit. Lima triliun kantong plastik digunakan setiap tahun dan setengah dari produksi semua plastik dirancang untuk sekali pakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.