Sukses

Media Amerika Serikat Soroti Perang Israel Vs Hamas Berpengaruh ke Internal TikTok

Berdasarkan laporan media AS, TikTok mengalami masalah internal terkait konten Israel Vs Hamas.

Liputan6.com, New York City - Ketika Barak Herscowitz bergabung dengan TikTok dua tahun lalu di kantor perusahaan tersebut di Tel Aviv, perannya adalah merekrut lembaga pemerintah Israel dan kelompok sektor publik lainnya untuk bergabung dengan layanan video tersebut dan memanfaatkan popularitas media itu.

Namun Herscowitz (38) seorang WN Israel yang pernah bekerja untuk mantan perdana menteri Naftali Bennett, dan kadang-kadang mengkritik warga Palestina di jejaring sosial X, menjadi kecewa dengan perusahaan tersebut setelah dimulainya perang Israel-Hamas.

Rasa frustrasinya berasal ketika melihat beberapa karyawan mengungkapkan pandangan anti-Israel dalam obrolan grup internal, dan apa yang dia anggap sebagai standar ganda dalam cara perusahaan menyetujui iklan yang merujuk pada perang, katanya dalam sebuah wawancara.

Dan dia tidak puas dengan tanggapan perusahaan ketika menyampaikan kekhawatiran tersebut.

Pada akhir Januari 2024, dia berhenti.

TikTok telah dirundung tuduhan selama berbulan-bulan bahwa aplikasinya telah menampilkan konten pro-Palestina dan antisemit dalam jumlah yang tidak proporsional kepada pengguna platform videonya.

TikTok dengan tegas menolak argumen tersebut, dan para eksekutifnya telah bertemu beberapa kali dengan kelompok Yahudi untuk membahas kekhawatiran tersebut.

Namun klaim bias tersebut telah membantu memicu perdebatan mengenai rancangan undang-undang DPR yang disahkan bulan ini yang akan memaksa pemilik TikTok di Tiongkok, ByteDance, untuk menjual aplikasi tersebut atau akan menghadapi larangan.

Pengalaman Herscowitz, serta wawancara dengan empat karyawan saat ini di TikTok dan bukti tangkapan layar percakapan internal, menunjukkan bagaimana beberapa arus ketidakpuasan yang sama telah mengguncang internal TikTok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Perbincangan di Senat AS

Herscowitz menyinggung beberapa kekhawatiran tersebut dalam sebuah postingan di Twitter tepat setelah dia mengundurkan diri, dan kepergiannya dibicarakan pada minggu itu dalam sidang Senat dengan para eksekutif media sosial, termasuk kepala eksekutif TikTok, Shou Chew.

Herscowitz dan keempat temannya mengatakan bahwa mereka, dan rekan-rekan lainnya, menyatakan ketidakpuasan di internal terhadap cara perusahaan mengelola kritik internal terhadap Israel dan dialog seputar perang.

Selain itu, mereka kesal melihat pandangan pribadi, terkadang ekstrem, ditayangkan di ruang obrolan perusahaan yang dibuat oleh karyawan setelah perang dimulai yang disebut mendukung Palestina.

Para karyawan merasa frustrasi karena kelompok tersebut menyertakan beberapa pekerja dari divisi kepercayaan dan keselamatan TikTok, yang menetapkan aturan tentang konten di platform.

“Saya pikir mereka mengetahui beberapa karyawan yang tidak hanya memiliki pandangan yang sama tetapi juga memiliki posisi untuk membentuk konten dan kebijakan platform,” kata Herscowitz, seraya menambahkan bahwa banyak warga Israel merasa perusahaan tersebut bias terhadap orang Yahudi.

TikTok, ketika ditanya tentang kekhawatiran yang disampaikan oleh Herscowitz dan karyawan lainnya, mengatakan bahwa semua karyawannya bertanggung jawab untuk mematuhi kode etik internal TikTok.

"Mengedepankan rasa saling menghormati dan menyediakan tempat kerja yang bebas dari diskriminasi dan pelecehan," kata pihak TikTok.

Pihak perusahaan menambahkan bahwa postingan yang ditandai oleh Herscowitz sebagai aksi tidak pantas atau menyinggung.

TikTok telah lama mengatakan, algoritma rekomendasinya tidak memihak pada suatu masalah. Perusahaan tersebut merujuk pada data Gallup yang menunjukkan bahwa generasi milenial di Amerika semakin bersimpati kepada warga Palestina dalam beberapa tahun terakhir.

Dikatakan bahwa pihaknya telah bekerja secara agresif untuk mengatasi ujaran kebencian di aplikasi tersebut. Perusahaan tersebut menghapus lebih dari 34 juta video yang melanggar peraturannya di Amerika Serikat dari bulan Oktober hingga Desember, dan lebih dari 96 persen dihapus sebelum pengguna melaporkannya, kata perusahaan tersebut.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Terjadi di Internal TikTok

Banyak tempat kerja dan industri, baik kecil maupun besar, mengalami perselisihan antar karyawan terkait perang Israel-Hamas.

Telah terjadi pertikaian di perusahaan media seperti NBCUniversal, editor Artforum dipecat setelah menerbitkan surat terbuka yang mendukung pembebasan Palestina, dan dokter di NYU Langone Health diskors karena postingan media sosial yang mereka buat tentang konflik tersebut.

Di perusahaan-perusahaan teknologi besar, ketegangan internal terkait isu-isu politik sering kali disertai dengan tuduhan bahwa pandangan pekerja dapat memengaruhi cara postingan mengenai isu-isu tersebut ditampilkan di platform mereka.

Pada tahun 2019, Google melarang karyawannya mendiskusikan politik di milis dan forum internal.

Meta mengatakan kepada para pekerja pada tahun 2022 untuk tidak membahas secara terbuka keputusan Mahkamah Agung yang menghapuskan hak konstitusional untuk melakukan aborsi.

Di TikTok, sebagian besar ketegangannya muncul di dalam dan di sekitar obrolan grup bernama Lark -- sistem pesan internal TikTok, menurut empat karyawan TikTok.

Para karyawan tersebut, hanya akan berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan jika membahas detail di dalam perusahaan.

Para karyawan menyampaikan pandangan mereka mengenai konflik melalui beberapa cara. Beberapa karyawan telah menambahkan bendera Israel dan pita kuning untuk sandera yang ditahan oleh Hamas ke profil kerja internal mereka yang muncul ketika mengirim pesan kepada rekan kerja, kata dua karyawan.

Sekelompok karyawan memulai kelompok dukungan untuk Palestina setelah tanggal 7 Oktober, yang menarik ratusan anggota, di mana mereka berbagi pengalaman pribadi, serta informasi tentang konflik dan saran mengenai di mana harus berdonasi untuk bantuan.

Awalnya, beberapa karyawan Yahudi berargumen di obrolan L’Chaim bahwa obrolan Dukungan Palestina berisi postingan yang menyinggung.

Lalu, seorang eksekutif TikTok menegur para karyawan tersebut karena memberikan reaksi tidak adil terhadap rekan kerja yang mencari tempat aman, dengan mengatakan, “Saat konten yang tidak pantas diposting di saluran Lark, ada banyak orang yang bekerja keras untuk menghapus hal-hal tersebut di balik layar.”

Beberapa karyawan Israel kemudian membuat obrolan lain yang disebut kelompok Dukungan Israel, yang juga menarik ratusan karyawan.

4 dari 4 halaman

Dugaan Pengawasan dari Pihak TikTok

TikTok tampaknya memiliki manajer yang mengawasi percakapan di masing-masing grup, berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan kepada The New York Times, meskipun grup tersebut tidak dianggap disetujui secara resmi oleh perusahaan.

Herscowitz menyusun memo pada bulan Desember tentang apa yang dia dan beberapa rekan lainnya di kantor Israel anggap sebagai postingan ofensif di kelompok Dukungan Palestina, serta masalahnya dengan iklan, dan mengirimkannya ke sekelompok eksekutif puncak TikTok, termasuk Adam. Presser, kepala operasinya yang baru-baru ini dipromosikan untuk mengawasi divisi kepercayaan dan keselamatan perusahaan.

Herscowitz mengatakan bahwa dia melakukan beberapa percakapan dengan seorang eksekutif sebagai tanggapan atas memonya tetapi dia merasa diabaikan.

TikTok mengatakan bahwa banyak pemimpin melakukan upaya dengan itikad baik untuk mengatasi kekhawatiran Herscowitz dan mengambil tindakan terhadap beberapa hal yang ditandainya.

Herscowitz mengatakan dia juga khawatir TikTok menerapkannya kebijakan iklan tidak konsisten. Perusahaan tersebut menolak iklan yang menampilkan sandera Israel tahun lalu, dengan mengatakan bahwa iklan tersebut melanggar pedoman dalam menampilkan adegan perang.

Namun dia mengatakan, perusahaan tersebut menerima iklan dari kelompok bantuan kemanusiaan yang mencari sumbangan yang menunjukkan kehancuran di Gaza.

TikTok mengatakan pihaknya memperbarui peraturannya tahun ini sehingga iklan untuk kampanye kemanusiaan dapat berjalan meskipun merujuk pada perang atau menggambarkan korban perang.

Perusahaan tersebut mengatakan telah menayangkan iklan dari Palang Merah Israel dan lainnya yang menampilkan korban penyanderaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.