Sukses

7 Fakta Mukesh Ambani, Orang Terkaya di Asia yang Gelar Pesta Prewedding Mewah Putranya di India

Anant Ambani, putra orang terkaya di Asia dan juga India, Mukesh Ambani tengah jadi sorotan karena menggelar pesta pra-nikah mewah yang dihadiri sejumlah tokoh ternama salah satunya Ivanka Trump.

Liputan6.com, Jamnagar - Putra orang terkaya di Asia Mukesh Ambani tengah jadi sorotan karena menggelar pesta prewedding atau pra-nikah mewah. Laporan Associated Press yang dikutip Selasa (5/3/2024) menyebut, sang ayah mengadakannya selama tiga hari, empat bulan sebelum upacara pernikahan sebenarnya.

Para taipan dari seluruh dunia, kepala negara, serta bintang Hollywood dan Bollywood berkumpul di kota kecil Jamnagar, India barat pada hari Jumat (1/3) di mana industrialis miliarder Mukesh Ambani memulai perayaan prewedding besar-besaran untuk putra bungsunya.

Daftar tamu yang berjumlah hampir 1.200 orang termasuk superstar pop Rihanna, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Sunder Picha, Ivanka Trump dan selebriti Bollywood Shah Rukh Khan.​

Semua mata tertuju pada Anant Ambani (28) dan sang kekasih Radhika Merchant (29), yang akan menikah pada bulan Juli mendatang. Radhika adalah putri Viren Merchant, CEO Encore Healthcare Pvt. Ltd., dan pengusaha Shaila Merchant.

Perayaan seperti itu, tradisi pesta mewah dan berlebihan, melekat dengan keluarga Ambani. Hal ini sekaligus menunjukkan pengaruh ekonomi dan politik miliarder India tersebut.

Berikut ini tujuh fakta sosok Mukesh Ambani yang berada di balik pesta mewah di India itu:

  1. Mukesh Ambani yang berusia 66 tahun, saat ini adalah orang terkaya ke-10 di dunia dengan kekayaan bersih $115 miliar, menurut Forbes.
  2. Mukesh Ambani juga merupakan orang terkaya di Asia.
  3. Reliance Industries milik Mukesh Ambani adalah konglomerat besar yang melaporkan pendapatan tahunan lebih dari $100 miliar, dengan minat mulai dari petrokimia, minyak dan gas, hingga telekomunikasi dan ritel.
  4. Di bawah kepemimpinan Mukesh Ambani, Reliance – yang didirikan oleh ayahnya pada tahun 1966 – memicu perang harga telekomunikasi dengan peluncuran telepon 4G dan layanan broadband Jio pada tahun 2016. Saat ini, Reliance memiliki lebih dari 420 juta pelanggan dan menawarkan layanan 5G. Awal pekan ini, Disney mencapai kesepakatan senilai $8,5 miliar untuk menggabungkan bisnisnya di India dengan Reliance Industries milik Ambani, sehingga membentuk raksasa media baru.
  5. Keluarga Mukesh Ambani memiliki, antara lain, sebuah gedung apartemen pribadi 27 lantai, bernama Antila, senilai $1 miliar di Mumbai. Ini memiliki tiga helipad, garasi 160 mobil, bioskop pribadi, kolam renang, dan pusat kebugaran.
  6. Para pengkritik Mukesh Ambani mengatakan perusahaannya berkembang terutama karena koneksi politik selama pemerintahan Kongres pada tahun 1970an dan 80an dan kemudian di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi setelah tahun 2014. Mereka mengatakan "kapitalisme kroni" di India telah membantu perusahaan-perusahaan tertentu, seperti milik Ambani, untuk berkembang.
  7. Mukesh Ambani, 66, mulai memberikan tongkat kekuasaan kepada kedua putra dan putrinya. Putra tertua, Akash Ambani, sekarang menjadi ketua Reliance Jio; putrinya, Isha, mengawasi ritel; dan yang termuda, Anant – yang akan menikah pada bulan Juli – telah dilantik ke dalam bisnis new energy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mukesh Ambani di Posisi Teratas Orang Terkaya India, Kekayaannya Rp1.855 Triliun

Jumlah orang India yang masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2024 versi Forbes mencapai rekor tertinggi, yaitu 186 orang, meningkat dari 169 orang pada tahun lalu.

Mungkin tidak mengejutkan siapa pun, Mukesh Ambani berada di puncak daftar, dan selanjutnya termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Gautam Adani dan Uday Kotak.

Situs Forbes menyebut Mukesh Ambani memiliki kekayaan $117.8 miliar atau sekitar Rp1.855 triliun.

Adapun sebelumnya, Mukesh Ambani juga telah menggelar pernikahan putrinya yang bersekolah di AS, Isha, dengan putra sesama miliarder Ajay Piramal pada Desember 2018 dan mengundang 10.000 tamu, termasuk Hillary Clinton.

Pada tahun 2018, ketika putrinya menikah, Mukesh Ambani menjadi berita utama karena perayaan akbar tersebut, dengan sensasi penampilan bintang pop Beyoncé di perayaan pra-nikah. 

Di akhir tahun 2018, pasangan bahagia, Isha Ambani dan Anand Piramal, secara resmi merayakan pertunangan mereka sambil menghadap Danau Como yang indah di Italia. Pada Desember 2018, mereka menikah di kediaman Ambani di Mumbai.​

3 dari 4 halaman

Tamu Pesta Pra-Nikah Mewah 3 Hari Disediakan Penata Rias Pribadi

Pesta pranikah yang berlangsung selama tiga hari menawarkan sekilas kemewahan dari pernikahan yang akan digelar bulan Juli mendatang.

Keluarga Ambani merayakannya di kampung halaman keluarga mereka di Jamnagar – sebuah kota berpenduduk sekitar 600.000 jiwa di wilayah dekat gurun di negara bagian Gujarat – di mana mereka juga memiliki kilang minyak utama untuk bisnis tersebut.

Para tamu mengenakan pakaian bertema hutan untuk mengunjungi pusat penyelamatan hewan yang dikelola oleh calon pengantin pria, Anant. Dikenal sebagai "Vantara" atau "Star Of The Forest (Bintang Hutan)," pusat rehabilitasi seluas 3.000 acre (sekitar 1.200 hektar) ini menampung hewan-hewan yang dianiaya, terluka, dan terancam punah, khususnya gajah.

Undangan tersebut juga menyatakan bahwa para tamu akan memulai setiap hari dengan aturan berpakaian baru, mood board, dan sekumpulan penata rambut, penata rias, dan perancang pakaian India di hotel mereka untuk membantu mereka mempersiapkan diri.

Juga akan ada upacara tradisional Hindu di kompleks kuil.

4 dari 4 halaman

Disuguhi 500 Hidangan hingga Bagi Makanan ke 51 Ribu Warga Desa

Para tamu, banyak yang datang dengan pesawat sewaan, akan disuguhi 500 hidangan yang dibuat oleh sekitar 100 koki.

Daftar tamu juga mencakup Mohammed Bin Jassim al Thani, perdana menteri Qatar; Stephen Harper, mantan perdana menteri Kanada; dan Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyal Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema.

Pada hari Rabu, keluarga Ambani menyelenggarakan layanan makanan komunitas untuk 51.000 orang yang tinggal di desa-desa terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.